Share

Tata Cara dan Doa Mandi Junub Laki-Laki, Simak Urutannya!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 05 Juni 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 616 2605768 tata-cara-dan-doa-mandi-junub-laki-laki-simak-urutannya-VJntym2JvW.jpg Ilustrasi tata cara dan doa mandi junub laki-laki. (Foto: Shutterstock)

TATA cara dan doa mandi junub laki-laki hendaknya diketahui setiap Muslim. Mandi junub merupakan salah satu praktik bersuci yang wajib dilaksanakan kaum Muslimin untuk menghilangkan hadas besar.

Pasalnya, suci dari hadas besar maupun kecil termasuk syarat sahnya ibadah sholat, membaca Alquran, maupun beriktikaf. Mandi junub dilakukan oleh wanita maupun laki-laki setelah melakukan hubungan suami istri maupun karena mimpi basah.

Adapun mandi junub tercantum dalam Alquran Surat An-Nisa Ayat 43, sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنتُمْ سُكَارَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوا ۚ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ lā taqrabuṣ-ṣalāta wa antum sukārā ḥattā ta'lamụ mā taqụlụna wa lā junuban illā 'ābirī sabīlin ḥattā tagtasilụ, wa ing kuntum marḍā au 'alā safarin au jā`a aḥadum mingkum minal-gā`iṭi au lāmastumun-nisā`a fa lam tajidụ mā`an fa tayammamụ ṣa'īdan ṭayyiban famsaḥụ biwujụhikum wa aidīkum, innallāha kāna 'afuwwan gafụrā.

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian melakukan shalat di masjid dalam keadaan mabuk, sebelum kalian sadar dan mengerti apa yang kalian ucapkan. Jangan pula kalian memasuki masjid dalam keadaan junub, kecuali bila sekadar melintas tanpa maksud berdiam di dalamnya, sampai kalian mandi”.

Lantas, bagaimana tata cara dan doa mandi junub laki-laki yang benar dan sah? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Tata Cara Mandi Junub Laki-laki

Berikut ini tata cara mandi junub bagi laki-laki:

• Diawali dengan membaca niat dalam hati

• Kemudian mencuci kedua telapak tangan dengan memasukkan jari-jari ke air.

• Selanjutnya, membasuh kemaluan

• Dilanjut dengan berwudhu

• Setelah itu, menggosokkan jari-jari ke kulit kepala agar air meresap.

• Kemudian membasuh anggota badan, kedua tangan dan kaki dengan diawali bagian kanan terlebih dulu.

• Membasuh kepala tiga kali, pastikan bahwa semua rambut dan kulit kepala terkena air.

• Lalu, meratakan air keseluruh tubuh sambil menggosokkan tangan ke semua badan, dan dimulai dari bagian badan sebelah kanan, tiga kali.

• Selanjutnya, pindah dari tempat berdiri, lalu kemudian membasuh kedua kaki. Karena dikhawatirkan bagian dalam telapak kaki tidak terkena air.

• Terakhir, pastikan semua anggota tubuh sudah dibasahi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Doa Mandi Junub Laki-laki

Adapun bacaan doa atau niat mandi junub laki-laki:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Latin : Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari fardhon lillaahi ta'aala

Artinya: “Saya niat mandi untuk menghilangkan hadas besar karena Allah”.

Demikian tata cara dan doa mandi junub laki-laki yang perlu diketahui kaum Muslimin. Semoga jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini