Share

5 Tips Tidak Kesiangan Sholat Subuh, Ada Doa-Doa yang Bisa Dibaca

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 616 2622241 5-tips-tidak-kesiangan-sholat-subuh-ada-doa-doa-yang-bisa-dibaca-CqfgWEuhCh.jpg Ilustrasi tips tidak kesiangan Sholat Subuh. (Foto: Freepik)

SHOLAT Subuh merupakan ibadah wajib yang dikerjakan ketika fajar sidik sudah tampak. Namun kaum Muslimin dianjurkan bangun beberapa waktu sebelumnya untuk mempersiapkan diri agar lebih segar.

Ada banyak keutamaan menunaikan Sholat Subuh. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: "Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Shubuh. Sesungguhnya Sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS Al Isra': 78)

Lalu sebelum tidur, usahakan membaca doa atau salawat Nabi sehingga dihindarkan terlambat bangun Sholat Subuh. Nah, selain itu ada beberapa tips supaya tidak kesiangan bangun Sholat Subuh, yaitu:

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Sabtu 2 Juli 2022M/2 Dzulhijjah 1443H 

1. Niat bangun sebelum subuh

Niat atau tekatkan untuk bangun Sholat Subuh. Anda bisa membaca atau mendengarkan keutamaan Sholat Subuh berjaamah di masjid (bagi laki-lak).

2. Hindari begadang

Usahakan tidur sekira pukul 22.00. Tapi lebih baiknya lagi sebelumya, seperti pukul 20.00 hingga 21.00.

3. Wudhu sebelum tidur

Wudhu sebelum tidur memiliki keistimewaan tersendiri di dalamnya. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Barang siapa tidur dalam keadaan suci, dan malaikat akan bersama di dalam pakaiannya. Tidak akan bangun ketika berdoa, 'Ya Allah ampunilah tidur hamba-Mu si fulan. Karena dia tidur dalam keaadaan bersuci'." (HR Ibnu Hibban disahihkan Syuaib Al-Arnauth dan Al-Abani)

Baca juga: 5 Potret Tempat Hewan Kurban di Makkah, Luas dan Banyak Pilihan Lho! 

4. Pasang alarm

Jangan lupa pasang weker atau alarm jam sesuai dengan waktunya Sholat Subuh tiba.

5. Membaca zikir

Jangan lupa membaca zikir sebelum tidur. Ucapkan kata-kata yang baik, supaya dijaga malaikat saat tidur. Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhu:

"Apabila manusia terbaring di tempat tidurnya, maka malaikat dan setan akan menghampirinya. Malaikat akan membisikkan: 'Akhiri malammu dengan kebaikan.' Sedangkan setan membisikkan, 'Akhiri malammu dengan keburukan.' Apabila dia zikir di malam hari dengan menyebut nama Allah, maka malaikat akan menjaganya di malam itu." (HR Ibnu Hiban, Hakim, dan disepaki Adz-Dzahabi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lantas, bagaimana jika Sholat Subuh kesiangan karena tertidur?

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yayhya, mengatakan jika telat Sholat Subuh karena tertidur masih dimaafkan. Setelah bagun langsung sholat, tidak perlu menunggu waktu Sholat Subuh keesokan harinya.

"Ya yang namanya orang ketiduran itu dimaafkan. Setelah bangun di-qodho. Begitu bangun langsung sholat. Enggak usah nunggu subuh besok," jelas Buya Yahya di tayangan kanal YouTube Al-Bahjah TV.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini