Share

Hukum Baca Alquran Sambil Tiduran, Bolehkah atau Dilarang?

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Sabtu 17 September 2022 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 614 2669422 hukum-baca-alquran-sambil-tiduran-bolehkah-atau-dilarang-W2EAshKA7q.jpg Hukum baca Alquran sambil tiduran, bolehkan atau dilarang? (Foto: Freepik)

JAKARTA - Seringkali seorang muslim ingin membaca Alquran, namun sayangnya dalam keadaan seperti sakit yang mengharuskan untuk tiduran. Lantas, bagaimana hukum membaca Alquran sambil berbaring atau tiduran?

Dikutip dari Muslim.or.id, selain bersuci, menghadap kiblat dan lainnya, duduk saat membaca Alquran juga merupakan adabnya. Sehingga tidak heran banyak orang yang berpikir bahwa hukum membaca Alquran sambil berbaring adalah haram.

Membaca Alquran dalam keadaan berbaring bukanlah suatu hal yang terlarang. Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan bahwa di antara sifat orang-orang yang beriman adalah mereka yang senantiasa berdzikir kepada Allah Ta'ala dalam keadaan apa pun.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Ali Imran Ayat 191:

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka."

Allah Subhanahu wa ta'ala sangat mencintai orang-orang yang terus mengingat-Nya dalam segala kesempatan. Sehingga, tidak ada salahnya jika kita membaca Alquran sambil duduk, berbaring, maupun berdiri.

Namun jika tidak dalam keadaan terpaksa, sebaiknya membaca Alquran dengan posisi duduk yang merupakan hal yang sopan dan salah satu adabnya.

Wallahu a'lam bisshawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini