Share

Hari Jumat Dijuluki Sayyidul Ayyam, Apa Artinya?

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 330 2677848 hari-jumat-dijuluki-sayyidul-ayyam-apa-artinya-JMLbxDrJDe.jfif Ilustrasi hari Jumat Berkah dijuluki Sayyidul Ayyam. (Foto: Dok Okezone)

HARI Jumat merupakan waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam. Hari penuh berkah ini bahkan mendapat julukan Sayyidul Ayyam atau penghulunya hari karena memiliki banyak keutamaan luar biasa besar di baliknya. Salah satunya yang paling utama adalah banyaknya keberkahan.

"Hari Jumat itu adalah hari raya untuk umat Islam. Dikenal juga hari yang penuh keberkahan (Jumat Berkah)," kata Humas Masjid Lautze Ustadz Yusman Iriansyah kepada Okezone beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Jumat Berkah 30 September 2022M/4 Rabiul Awal 1444H 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Senada, Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Abdullah Jaidi mengatakan hari Jumat memiliki banyak keberkahan. Pahala-pahala akan mengalir karena banyaknya amalan yang bisa dilakukan pada hari tersebut.

"Keistimewaan hari Jumat tertulis dalam ayat-ayat suci Alquran, yakni diisi dengan amalan-amalan baik,” ujar KH Abdullah Jaidi.

BACA JUGA:Jumat Berkah Sunnah Baca Surat Al Kahfi, Lengkap di Alquran Digital Okezone: Arab, Latin, Artinya 

Bukan hanya itu, hari Jumat menjadi waktu yang sangat tepat diijabahnya doa-doa setiap Muslim. Sebab, Allah Subhanahu wa ta'ala membuka pintu doa dan harapan seluas-luasnya pada hari Jumat.

Sementara menurut Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin, pada hari Jumat para malaikat bersholawat dan berdoa kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, yakni agar umat Islam supaya diberi keberkahan dan keselamatan. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS Al Ahzab: 56)

Lalu pada hari Jumat akan diperlihatkan kedudukan yang istimewa bagi Muslim yang bersholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Seperti dijelaskan dalam riwayat hadis berikut. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

Artinya: "Barangsiapa bersholawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat nanti." (Hadis ini terdapat dalam kitab Fadhlu Ash-Sholah 'alan Nabiy nomor 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy. Dishahihkan oleh Syekh Al Albani)

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini