Share

Begini Cara Menjaga Semangat Beribadah agar Tidak Mudah Malas dan Tergoda Kemaksiatan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 01 November 2022 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 616 2698448 begini-cara-menjaga-semangat-beribadah-agar-tidak-mudah-malas-dan-tergoda-kemaksiatan-S1gGMWKsSJ.jpg Ilustrasi cara menjaga semangat beribadah. (Foto: Freepik)

APA yang harus dilakukan untuk menjaga semangat beribadah? Hal ini wajib diketahui setiap Muslim supaya tidak lalai dan berujung perbuatan dosa.

Diketahui bahwa menjaga semangat beribadah memang tidak mudah. Ditambah lagi cukup banyak godaan yang dapat menggoyahkan keimanan seseorang, sehingga tidak jarang menjadi malas beribadah.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Selasa 1 November 2022M/6 Rabiul Akhir 1444H 

"Menjaga semangat ibadah merupakan hal yang gampang-gampang susah, butuh kesabaran dan keikhlasan, energi, semangat," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu. 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Ia mengatakan, menjaga ibadah bersumber dari sifat istikamah, konsistensi, terus-menerus memelihara pertahanan keimanan diri dengan keteguhan, dan keseriusan hati.

"Jadi harus benar-benar dari hati agar dapat tetap semangat menjaga ibadah," ujarnya.

BACA JUGA:Viral Bocah Cantik Keliling Jualan Donat, Netizen: Geulis Banget, Insya Allah Sukses Dunia Akhirat 

Lebih lanjut dia menerangkan, ibadah tak hanya persoalan rutinitas dan prosesi agenda wajib seorang muslim kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Namun sesungguhnya ibadah adalah bentuk pengejawantahan kekuatan jiwa, batiniah, seseorang sejauh mana terhubung dengan Allah Ta'ala.

"Jika dia mampu menempatkan ibadah sebagai bentuk cinta dan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, maka dia akan mendapatkan manfaat ibadah, kenikmatan sebagai seorang hamba dengan Tuhannya," terang dia. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Terpenting adalah ketika seseorang ingin menjaga semangat ibadah, maka berkumpul dengan orang-orang salih merupakan salah satu kuncinya. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar." (QS At-Taubah: 119)

Ia menambahkan, niat dan ikhlas beribadah juga merupakan bagian dari menjaga semangat dalam beribadah. Khususnya selalu menjaga hati, bersihkan jiwa dan raga dengan dzikir serta mengingat Allah Azza wa Jalla.

"Niat yang ikhlas beribadah, semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah Subhanahu wa ta'ala," pungkasnya. Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini