Share

3 Kedahsyatan Sholat Dhuha, Sangat Rugi jika Ditinggalkan

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 10 November 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 10 330 2704777 3-kedahsyatan-sholat-dhuha-sangat-rugi-jika-ditinggalkan-MExbj9i1cP.jpg Ilustrasi Sholat Dhuha. (Foto: Shutterstock)

SHOLATย Dhuha merupakan salah satu bagian dari sholat sunah yang Allah Subhanahu wa Ta'ala anjurkan untuk dikerjakan oleh mereka yang berstatus sebagai Muslim. Sholat Dhuha dikerjakan dari tergelincirnya matahari sekira setinggi 1 tombak atau pukul 07.00 sampai 10 menit sebelum waktu dzuhur.

Banyak umat Islam yang belum menjadikan Sholat Dhuha sebagai amalan harian disebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman terkait keutamaan Sholat Dhuha itu sendiri.

Berdasarkan hadits-hadits shahih, keutamaan Sholat Dhuha begitu banyak, seperti sebagai sedekah bagi seluruh persendian yang ada di dalam tubuh, membuka pintu rezeki, akan dicukupi urusannya hingga akhir siang, dan sebagai sholat untuk orang-orang yang kembali taat.

Berikut penjelasan keutamaan Sholat Dhuha berdasarkan hadits-hadits shahih:

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 10 November 2022M/15 Rabiul Akhir 1444Hย 

BACA JUGA:Sunnah Malam Jumat Baca Surat Al Kahfi, Lengkap di Alquran Digital Okezoneย 

1. Sebagai sedekah untuk 360 ruas persendianย 

Dari Abu Dzar, Nabi Shallallahu โ€˜alihi wa sallam bersabda:

ูŠูุตู’ุจูุญู ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุณูู„ุงูŽู…ูŽู‰ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ููŽูƒูู„ูู‘ ุชูŽุณู’ุจููŠุญูŽุฉู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽูƒูู„ูู‘ ุชูŽุญู’ู…ููŠุฏูŽุฉู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽูƒูู„ูู‘ ุชูŽู‡ู’ู„ููŠู„ูŽุฉู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽูƒูู„ูู‘ ุชูŽูƒู’ุจููŠุฑูŽุฉู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽุฃูŽู…ู’ุฑูŒ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽู†ูŽู‡ู’ู‰ูŒ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽูŠูุฌู’ุฒูุฆู ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽุงู†ู ูŠูŽุฑู’ูƒูŽุนูู‡ูู…ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุถูู‘ุญูŽู‰

"Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar maโ€™ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan Sholat Dhuha sebanyak 2 rakaat." (HR Muslim nomor 720)

Padahal persendian yang ada pada seluruh tubuh kita sebagaimana dikatakan dalam hadits dan dibuktikan dalam dunia kesehatan adalah 360 persendian.ย 

โ€˜Aisyah pernah menyebutkan sabda Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam:

ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ุฎูู„ูู‚ูŽ ูƒูู„ูู‘ ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ู…ูู†ู’ ุจูŽู†ูู‰ ุขุฏูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูุชูู‘ูŠู†ูŽ ูˆูŽุซูŽู„ุงูŽุซูู…ูŽุงุฆูŽุฉู ู…ูŽูู’ุตูู„ู

"Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan dalam keadaan memiliki 360 persendian." (HR Muslim nomor 1007)

Hadits ini menjadi bukti selalu benarnya sabda Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam. Namun sedekah dengan 360 persendian ini dapat digantikan dengan Sholat Dhuha.ย 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

2. Dicukupinya urusan hingga akhir siang

Dari Nu'aim bin Hammar al Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽุฒูŽู‘ ูˆูŽุฌูŽู„ูŽู‘ ูŠูŽุง ุงุจู’ู†ูŽ ุขุฏูŽู…ูŽ ู„ุงูŽ ุชูŽุนู’ุฌูุฒู’ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู ุฑูŽูƒูŽุนูŽุงุชู ู…ูู†ู’ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู ุงู„ู†ูŽู‘ู‡ูŽุงุฑู ุฃูŽูƒู’ูููƒูŽ ุขุฎูุฑูŽู‡ู

"Allah Ta'ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan 4 rakaat sholat di awal siang (di waktu dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang." (HR Ahmad 5/286, Abu Dawud: 1289, At-Tirmidzi: 475, Ad-Darimi: 1451. Syekh Al Albani dan Syekh Syu'aib Al Arnauth mengatakan hadits ini shahih)

Penulis โ€˜Aunul Maโ€™bud โ€“Al โ€˜Azhim Abadiโ€“ menyebutkan, "Hadits ini bisa mengandung pengertian bahwa Sholat Dhuha akan menyelamatkan pelakunya dari berbagai hal yang membahayakan. Bisa juga dimaksudkan bahwa Sholat Dhuha dapat menjaga dirinya dari terjerumus dalam dosa atau ia pun akan dimaafkan jika terjerumus di dalamnya. Atau maknanya bisa lebih luas dari itu." (โ€˜Aunul Maโ€™bud, 4: 118)

At-Thibiy berkata, "Yaitu engkau akan diberi kecukupan dalam kesibukan dan urusanmu, serta akan dihilangkan dari hal-hal yang tidak disukai setelah engkau shalat hingga akhir siang. Yang dimaksud, selesaikanlah urusanmu dengan beribadah pada Allah di awal siang (di waktu Dhuha), maka Allah akan mudahkan urusanmu di akhir siang." (Tuhfatul Ahwadzi, 2: 478)

3. Termasuk sholat awwabin (orang yang kembali taat)ย 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ู„ุง ูŠุญุงูุธ ุนู„ู‰ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุถุญู‰ ุฅู„ุง ุฃูˆุงุจุŒ ูˆู‡ูŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฃูˆุงุจูŠู†

"Tidaklah menjaga sholat sunah dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah sholat awwabin." (HR Ibnu Khuzaimah, dihasankan Syekh Al Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib 1: 164).

Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Awwab adalah muthiiโ€™ (orang yang taat). Ada pula ulama yang mengatakan bahwa maknanya adalah orang yang kembali taat." (Syarh Shahih Muslim, 6: 30)

Wallahu a'lam bisshawab.ย 

Oleh: Ustadz Muhammad Rizki Afandi Siregar (Daโ€™i Cordofa)ย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini