Share

Terungkap! Ini Peringatan Malaikat Maut untuk Umat Berusia 40 Tahun

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 November 2022 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 330 2715956 terungkap-ini-peringatan-malaikat-maut-untuk-umat-berusia-40-tahun-nKtsnLA3kU.jpg Ilustrasi peringatan malaikat maut untuk umat berusia 40 tahun. (Foto: Unsplash)

TERUNGKAP peringatan malaikat maut untuk umat berusia 40 tahun. Diketahui bahwa makin tua usia seseorang, diharapkan keimanannya makin tebal. Ini supaya siap menghadapi akhirat yang kekal abadi.

Ketika seseorang di usia tua, termasuk 40 tahun, tidak menempatkan ibadah sebagai prioritas. Menurut KH Muhammad Bakhiet, bakal sangat merugi orang seperti itu. Sebab, ibadah yang makin baik akan memudahkan kaum Muslimin menjawab pertanyaan-pertanyaan di akhirat kelak.

Dalam paparannya terkait hal tersebut, Ustadz Bakhiet mengingatkan umat Islam yang berusia 40 tahun untuk mulai memprioritaskan ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Usia 40 tahun dianggap sebagai momen terbaik mempersiapkan bekal di akhirat kelak.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang artinya:

"Kata Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, setiap hari malaikat maut selalu mengumumkan, selalu mengingatkan, kepada semua orang, 'Wahai orang-orang yang berumur 40 tahun, ini waktunya kalian mengambil bekal. Hati kalian masih hadir, ingatan kalian masih kuat, anggota tubuh kalian masih kuat'," ungkap Ustadz Bakhiet dilihat di kanal Youtube Wang TV.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Senin 28 November 2022M/4 Jumadil Awal 1444H 

Info grafis sholawat Nabi. (Foto: Okezone)

Dijelaskan lebih lanjut dalam hadits yang sama, "Malaikat maut berkata kepada manusia, 'Umur 40 tahun itu umur mempersiapkan segala-galanya untuk menghadapi akhirat'."

Kenapa begitu? Sebab di usia 40 tahun, seseorang dianggap masih mampu beraktivitas dengan prima. Artinya, mereka masih kuat secara fisik, sehat secara pikiran, dan mampu melakukan banyak hal tanpa kelemahan.

"Waktu umur 40, kita bisa 2 jam beribadah sehari, bekerja keras, masih mampu beramal. Jadi karena itu, gunakan umur tersebut untuk bersungguh-sungguh beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala," terang Ustadz Bakhiet.

Ada keuntungan yang bisa diraih ketika seseorang beribadah sedari muda. Menurut dia, umat Islam yang beribadah sungguh-sungguh di usia muda akan mendapat kebaikan di waktu tua. Semua kebaikan akan Allah Subhanahu wa ta'ala catat.

"Keuntungannya waktu muda beribadah, andaikata tuanya sakit, mereka tetap dicatat amal kebaikannya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala," jelasnya.

BACA JUGA:8 Golongan Manusia yang Didoakan Malaikat, Salah Satunya Mereka yang Gemar Sedekah 

Jadi, gunakanlah waktu muda dengan sebaik-baiknya. Di umur 40 tahun, saran Ustadz Bakhiet, sebisa mungkin lakukan tahajud setiap hari pada dini hari hingga waktu subuh.

Dengan begitu, di usia 60 tahun ketika tubuh sudah tidak kuat lagi untuk beribadah, kebaikan akan terus mengalir. "Ini bukti cinta Allah Subhanahu wa ta'ala kepada umat-Nya," tambah Ustadz Bakhiet. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Bagaimana dengan peringatan malaikat maut untuk mereka yang berusia 50 dan 60 tahun? Apakah ada juga?

Ustadz Bakhiet menerangkan hal ini. Ternyata, malaikat maut pun punya pesan kepada umat berusia 50 dan 60 tahun.

"Wahai orang-orang berumur 50, sungguh cepat waktu diambil. Tubuh Anda enggak luwes lagi. Ada baiknya mulai kurangi urusan duniawi dan isilah waktu 50 tahun Anda dengan memperbanyak sangu untuk akhirat," katanya membacakan hadits yang sama dengan peringatan malaikat maut untuk umat berusia 40 tahun.

"Malaikat maut juga punya pesan untuk manusia yang berusia umur 60. Kata malaikat maut, 'Apakah Anda lupa akan siksa Allah? Kenapa masih bergelut dengan kehidupan duniawi dan lalai akan ibadah pada Allah Subhanahu wa ta'ala? bagaimana nanti Anda menjawab pertanyaan Allah di akhirat?" katanya.

Dari paparan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa umat manusia sudah disarankan mulai mempertebal keimanan dan ketakwaan serta memperbanyak ibadah kepada Allah Azza wa Jalla. Sebab, umur 40 tahun adalah waktu yang tepat untuk membangun pondasi keimanan, jangan kemudian malah lupa akan akhirat.

Lalu ketika memasuki usia 50 tahun, mulai kurangi urusan duniawi dan perbanyaklah amal ibadah pada Allah Subhanahu wa ta'ala. Ini karena waktu berjalan begitu cepat hingga mungkin Anda tidak akan merasa 10 tahun berjalan begitu saja sampai akhirnya umur 60 tahun tiba.

Kemudian saat usia 60 tahun datang, diminta bagi umat Islam untuk benar-benar prioritaskan akhirat. Urusan duniawi tidak ada artinya lagi, karena peringatan malaikat maut jelas bahwa, 'Apakah kalian lupa akan siksa Allah?' Ini menjadi pengingat penting bagi semua umat.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini