Share

4 Makanan dan Minuman yang Disukai Setan, Hati-Hati Jangan Dikonsumsi!

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2022 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 330 2719770 4-makanan-dan-minuman-yang-disukai-setan-hati-hati-jangan-dikonsumsi-DdpXkIE15S.jpeg Ilustrasi makanan dan minuman yang disukai setan. (Foto: Istimewa/Huffpost)

TAHUKAH Anda bahwa ada makanan dan minuman yang disukai setan. Bahkan tanpa disadari, makanan atau minuman ini malah disukai banyak umat manusia.

Setan diketahui hidup berdampingan dengan manusia. Mereka kerap menggoda untuk melakukan hal-hal yang dilarang agama.

Salah satunya menyantap makanan atau minuman yang ternyata disukai oleh bangsa mereka. Lantas, makanan atau minuman apa saja yang dimaksud? Berikut beberapa di antaranya, seperti telah Okezone himpun.

BACA JUGA:Bacaan Dzikir Petang: Mendapat Ridho Allah dan Terjaga dari Gangguan Setan 

1. Makanan yang tidak menyebut nama Allah Ta'ala

Makanan yang disukai oleh setan adalah makanan atau minuman yang ketika dikonsumsi tidak menyebut nama Allah Subhanahu wa Ta'ala atau membaca Bismillah.

Seperti dalam salah satu riwayat hadits dari Said bin Jubair yang mendapatkan riwayat ini dari Abdullah bin Abbas, bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, iblis pernah berkata: 'Tuhanku, semua makhluk telah Engkau tuliskan rezekinya, lalu di manakah rezeki bagiku?' Maka Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dengan menjawab pertanyaan iblis tersebut: 'Di dalam makanan yang tidak disebutkan nama-Ku'." (HR Adh-Dhiya)

BACA JUGA:Bacaan Surat An-Nas di Alquran Digital Okezone Lengkap Tafsirnya: Melindungi dari Godaan Setan 

2. Tulang

Selanjutnya adalah tulang. Makanan ini sering disantap oleh manusia. Padahal dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa tulang merupakan kesukaan setan. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Tulang dan kotoran merupakan makanan jin. Keduanya termasuk makanan jin. Aku pernah didatangi rombongan utusan jin dari daerah Nashibin dan mereka adalah sebaik-baik jin. Mereka meminta bekal kepadaku. Lalu aku berdoa kepada Allah untuk mereka agar setiap kali mereka melewati tulang dan kotoran, mereka mendapatkan makanan padanya." (HR Bukhari) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

3. Kotoran

Kemudian ada kotoran yang juga merupakan sesuatu yang juga disukai oleh setan. Seperti diketahui bahwa setan atau jin menyukai sesuatu yang kotor. Termasuk makanan atau tempat makan kotor.

"Janganlah kalian beristinja' (membersihkan kotoran pada dubur) dengan kotoran dan jangan pula dengan tulang karena keduanya merupakan bekal bagi saudara kalian dari kalangan jin." (HR At-Tirmidzi)

4. Khamr

Ibnul Qayyim mengatakan khamar adalah salah satu minuman setan. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنَّمَا الۡخَمۡرُ وَالۡمَيۡسِرُ وَالۡاَنۡصَابُ وَالۡاَزۡلَامُ رِجۡسٌ مِّنۡ عَمَلِ الشَّيۡطٰنِ فَاجۡتَنِبُوۡهُ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan." (QS Al Maidah: 90)

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini