Share

Apakah Dajjal Bermata Satu?

Hantoro, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2023 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 330 2751791 apakah-dajjal-bermata-satu-msJ3T8YTEC.jpg Ilustrasi ciri-ciri Dajjal. (Foto: Istimewa/Sindonews)

APAKAH Dajjal bermata satu? Berikut ini jawaban beserta penjelasan lengkapnya. Ketahui juga ciri-cirinya berdasarkan dalil-dalil sahih.

Dalam ajaran Islam, Dajjal adalah sosok yang akan muncul menjelang hari kiamat. Dajjal juga dikatakan kafir dan jahat, pembawa fitnah (ujian) terbesar dalam sejarah kehidupan manusia.

BACA JUGA:4 Tempat Keluarnya Dajjal Sesuai Riwayat Hadits, di Mana Saja? 

Ilustrasi Dajjal. (Foto: Istimewa/Okezone)

Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA menjelaskan bahwa dajjal akan muncul dari negeri Persia. Berdasarkan hadits sahih, dikatakan muncul dari wilayah Yahudiah.

"Wallahu a'lam, apakah dia dari keturunan Yahudi atau bukan. Yang jelas Dajjal adalah nama orang dan telah disebutkan pula cirinya," ungkap Ustadz Khalid Basalamah seperti dikutip dari kanal YouTube Hidayah Indonesia.

Dia mengimbuhkan, kemunculan Dajjal akan diikuti 70 ribu orang Yahudi Khurasan dan dia akan keluar membuat kerusakan selama 40 hari.

BACA JUGA:Bacaan Doa agar Terhindar dari Fitnah Dajjal, Diamalkan saat Tasyahud Akhir Sholat 

Ustadz Khalid mengutip sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam telah mengatakan satu hari pertama pasca-kemunculan Dajjal ini rasanya seperti setahun, hari kedua seperti sebulan, hari ketiga seperti sepekan, dan sisa harinya seperti hari biasa.

"Sehari pertama seperti setahun itu memang setahun maksudnya. Jadi Dajjal akan membuat kerusakan 1 tahun 2 bulan 2 pekan. Kata Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, seluruh bumi ini akan dimasuki oleh Dajjal, tidak hanya pada kota dan desa, bahkan sampai gang-gang terkecil sekalipun," paparnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Hanya ada dua tempat yang tidak bisa dimasuki Dajjal yakni kota suci Madinah dan Makkah. Pasalnya di setiap pintu gerbang di kedua kota ini, malaikat menghunuskan pedangnya dan menghalau Dajjal sehingga tidak bisa masuk.

Adapun ciri-ciri fisik Dajjal yang banyak disebutkan dalam hadits sahih antara lain, mata kanannya rusak atau buta seperti anggur kering. Ini penting diketahui karena Dajjal akan mengaku sebagai Tuhan, sementara Tuhan itu sempurna dan tidak buta.

"Kalau dia masuk ke sebuah tempat, lokasi, atau wilayah, dia akan mengaku jadi Tuhan. Bila banyak orang yang mengikutinya tempat itu akan subur. Peternakan jadi banyak, perkebunan jadi subur, hujan turun dari langit, tapi itu adalah bentuk 'fitnah'," papar Ustadz Khalid. 

Info grafis kejadian besar sebelum kiamat. (Foto: Okezone)

Selain itu, Dajjal digambarkan memiliki kulit yang kehitam-hitaman serta memiliki dahi lebar. Setiap orang yang beriman bisa membaca tiga huruf di antara dua matanya yang tertulis ك ف ر (Kaf-Fa-Ra artinya kafir).

Dajjal juga memiliki rambut keriting dengan postur tubuh tinggi besar. Saat menjelajahi bumi, ia akan diikuti dengan bergunung-gunung makanan yang akan diberikan kepada wilayah-wilayah yang beriman kepadanya.

Di tangan kanannya terdapat api yang sangat besar. Sementara di sebelah kirinya ada air yang sejuk seperti sebuah lautan yang luas.

Api itu Dajjal gunakan untuk menghukum orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan air dia gunakan untuk membentuk sungai dan lautan bagi orang-orang yang menjadi pengikutnya.

"Kata Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, 'Kalau kalian tertangkap, maka pilihlah yang di tangan kanannya (api). Dan ucapkanlah Bismillah pada saat kalian harus dilemparkan pada api itu, ketahuilah api tersebut adalah lautan yang dingin. Air di tangan kirinya justru adalah api neraka yang panas'," tandas Ustadz Khalid Basalamah.

Allahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini