nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biar Tak Telat Bangun Sahur, Baca Doa Ini Sebelum Tidur

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 21:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 06 618 2052163 biar-tak-telat-bangun-sahur-baca-doa-ini-sebelum-tidur-uyOQwrAaLa.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Salah satu alasan orang tidak berpuasa adalah tidak sahur karena bangun kesiangan. Sebetulnya, alasan apa pun tidak bisa diterima, karena bagaimana pun puasa Ramadan hukumnya wajib bagi mereka yang beriman.

Nah, untuk melerai masalah ini, tentu harus ada solusi yang bisa dilakukan. Sekarang ini sebetulnya sudah ada alarm yang bisa Anda andalkan untuk bisa banugun di waktu sahur. Ya, selain itu, tentunya Anda juga harus mengatur jam tidur Anda agar kualitas tidurnya tetap terjaga.

Tapi, bagaimana jika bunyi alarm saja tidak bisa membuat Anda bangun? Tenang, dalam Islam, Anda bisa mengandalkan kepercayaan pada Allah dan ini bisa dilakukan dengan berdoa sebelum tidur. Bukan hanya doa sebelum tidur, tetapi Ustadz Fauzan Amin menjelaskan ada amalan doa lain yang bisa membantu Anda bisa bangun saat sahur.

Ustadz Fauzan menjelaskan, dalam sebuah hadits, Aisyah pernah diajarkan Nabi Muhammad SAW tentang amalan dan doa sebelum tidur. Beliau bersabda sebagai berikut:

Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal; Pertama, menghatamkan al-Qur’an. Kedua menjadikan para Nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat melaksanakan haji dan Umrah”.

Kemudian Aisyah menjawab, “Bagaimana aku bisa melakukan keempat hal tersebut?”

Seraya tersenyum, Nabi Muhammad SAW berkata, "Apabila engkau membaca surat al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah menghatamkan al-Qur’an. Dan apabila engkau bershalat kepadaku dan kepada semua Nabi-Nabi maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu.

Dan apabila engkau beristighfar untuk kaum muslimin, maka engkau telah menjadikan mereka ridha kepadamu. Dan terakhir apabila engkau membaca tasbih seolah engkau telah melaksanakan haji dan umrah."

Inilah doa-doa dan amalan tersebut:

قل هو الله أحد

Qul huwallau ahad ... hingga selesai di baca sebanyak 3x

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى جميع الأنبياء والمرسلين

Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa ala jami’il anbiya’ wal mursalin (3x)

اللهم اغفرلى ولولدي ولجميع المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات (1)

Allahummaghfirli wa liwalidayya wa li jami’il muslimin wal muslimat wal mu’minin wal mu’minat (1x)

سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم (7)

Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar, wa la haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adhim (7x)

Sementara doa sebelum tidur yg umum di ajarkan pada anak-anak kita sebagai berikut:

باسمِكَ اللَّهُمَ أَحْيا وأمُوتُ

Bismika allahumma ahyaa wa amuutu

Artinya; Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati

Berdasarkan hadis dari Hudzaifah Ibnu al Yaman Beliau berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا وَإِذَا اسْتَيْقَظَ مِنْ مَنَامِهِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

"Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam jika akan tidur membaca: Bismikallaahumma Amuutu wa Ahyaa (dengan nama-Mu, Ya Allah, aku mati dan hidup)

Dan apabila bangun tidur membaca:

Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan)."

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini