Masjid Ini Siap Ganti Rugi untuk Alas Kaki hingga Kendaraan Jamaah yang Hilang

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 10 615 2053846 masjid-ini-siap-ganti-rugi-untuk-alas-kaki-hingga-kendaraan-jamaah-yang-hilang-Otgd7yRK7a.jpeg Masjid Jogokariyan Siap Ganti Rugi Alas Kaki hingga Kendaraan yang Hilang (Foto: Instagram/@Putrie_haaanie)

SEBAGIAN  besar masjid mungkin memang tidak memberikan jaminan atas barang yang hilang, namun masjid yang satu ini berbeda. Ketika sedang beribadah, Anda tidak perlu khawatir karena masjid ini siap mengganti barang yang hilang.

Masjid tersebut adalah masjid Jogokariyan yang berlokasi di jalan Parangtritis, Yogyakarta. Masjid ini cukup terkenal, selain karena ribuan porsi yang disajikan saat buka puasa setiap Ramadan, masjid Jogokariyan juga suka dijadikan bahan studi tidak hanya dari Indonesia bahkan sampai mancanegara karena sistem manajemen infaqnya.

Saldo infaq masjid harus selalu nol rupiah ketika dilaporkan ke jamaah masjid, jadi tidak ada dana yang menganggur karena semuanya dipergunakan untuk kepentingan umat. Masjid ini juga menjadi tempat sebagai penginapan gratis yang buka 24 jam dan pintunya yang tidak akan digembok, jadi para musafir yang tidak mampu bayar penginapan seperti hotel bisa bersinggah disini, fasilitasnya pun bintang tiga.

Nah, untuk masalah barang hilang tentunya menjadi satu keunikan dari masjid Jogokariyan, masjid ini akan siap mengganti alas kaki atau kendaraan yang hilang ketika Anda sedang beribadah di sini. Program mengganti barang hilang ini ternyata sudah dijalankan sejak tahun 2000-an, dan yang menggantikan barang hilang tersebut adalah pihak dari masjid yang menggunakan anggaran rumah tangga masjid.

Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, M Jazir ASP, mengatakan kalau ada Jemaah yang kehilangan sepatu, sandal bahkan motor di lingkungan masjid Jogokariyan, pihak masjid akan mengganti dengan yang baru dan dengan merek yang sama. Pihak masjid pun sudah sering mengganti barang jemaahnya yang hilang, khususnya di bulan Ramadan yang pengunjungnya selalu ramai.

Keunikan dari masjid inipun mengundang banyak netizen untuk berkomentar mengenai masjid tersebut, dan kebanyakan dari mereka sangat senang dengan masjid Jogokariyan.

“Masha Allah perlu jadi contoh nih, point penting : sejatinya Mesjid jangan digembok” tulis akun @andiniiy

“Bener2 disebut rumah allah. Yg siap membantu umatnya” tulis akun @sendyaditama

“Masya Allah...semoga bs menjadi contoh utk masjid2 lainnya” tulis akun @tjandra_asri_wulandari

“Surga untuk bapak2 DKM masjid ini dan pengurus lainya amin” tulis akun @kurniawantimote

Informasi mengenai masjid Jogokariyan ini dibagikan melalui akun Instagram @putrie_haaanie.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya