Dimana Posisi Setan saat Bulan Puasa? Ini Penjelasan Pakar!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 10 616 2053964 dimana-posisi-setan-saat-bulan-puasa-ini-penjelasan-pakar-i9VxbHmbk9.jpg Godaan Setan Saat Bulan Puasa (Foto: Pixabay)

RAMADAN kerap dianggap sebagai bulan yang istimewa dan penuh dengan ampunan. Tentu saja bulan ramadan memiliki banyak keistimewaan di bandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Salah satunya adalah masyarakat yang beranggapan bahwa selama bulan ramadan para setan yang berkeliaran mengganggu manusia dibelenggu. Lantas apakah ini benar?

Menurut ahli Metaphysicist, Haryo Tali Jiwo, persepsi masyarakat tentang dibelenggu atau dipenjarakannya setan selama bulan ramadan adalah mitos belaka.

Justru sebaliknya, ketika bulan ramadan para setan ini bertugas untuk menguji keimanan seseorang yang berpuasa. Mereka akan melihat seberapa besar tekad seseorang untuk menjalankan ibadah dengan benar

โ€œKalau godaan setan di bulan puasa itu banyak, justru itu adalah tingkat uji cobanya keimanan seseorang khususnya umat muslim di bulan puasa ini,โ€ tutur Haryo Tali Jiwo, kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Haryo menjelaskan bahwa fenomena setan dibelenggu bermula dari mitos yang berkembang dalam kehidupan anak kecil. Malah tingkat godaan setan terhadap manusia semakin besar di bulan ramadan.

โ€œJadi adanya setan itu dipenjara atau tidak ada, itu kan mitos kita saat masih kecil. Orangtua bilang setan dipenjara kalau bulan ramadan. Tapi kalau dari sisi godaan setan, di bulan ramadan ini justru lebih banyak untuk menggoda manusia,โ€ tambahnya.

Haryo juga menjelaskan apabila setan itu memang diciptakan untuk mengganggu manusia. Oleh sebab itu memiliki iman yang besar dan kuat merupakan hal yang paling penting, pasalnya jika seseorang hanyut dalam godaan setan, maka puasanya tak menjadi apa-apa.

โ€œKan itu tugas dan fungsinya iblis itu untuk merusak itu. puasanya dia terpengaruh nggak? Imannya terjaga nggak? Jika hanyut dalam godaan yaudah, berarti kan puasanya tidak menjadi apa-apa,โ€ tutupnya.

Sebagaimana diketahui Ustadz Marwan bin Musa selaku dewan pembina Konsultasi Syariah pernah memberikan pendapatnya mengenai hal ini.

Dalam hadits HR. Bukhari, menyebut bahwa selama bulan ramadhan pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan juga dibelenggu.

Selain itu Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari). Sementara, Amal saleh di bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ren)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya