Share

Masjid Ini Beri Hadiah Sepeda untuk Jamaah yang Rutin Salat

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 11 614 2054395 masjid-ini-beri-hadiah-sepeda-untuk-jamaah-yang-rutin-salat-dns9lMA5PI.jpg Masjid ini berikan sepeda gratis untuk yang rajin salat (Foto: Newstraittimes)

Membiasakan anak-anak untuk sebisa mungkin menunaikan ibadah salat di masjid memang bukan perkara mudah. Terkadang dibutuhkan cara unik untuk bisa menyemangati anak-anak ini agar mau rajin beribadah di masjid, terlebih di bulan suci Ramadan seperti ini.

Inilah yang dilakukan oleh sebuah masjid di Pantai Irama, Kelantan, Malaysia, Masjid Mahmudi. Seperti dilaporkan oleh New Straits Times disebutkan akan memberikan hadiah berupa sepeda gratis untuk anak-anak yang rajin salat di masjid tersebut selama sepanjang bulan suci Ramadan, seperti dikutip Aboutislam, Sabtu (11/5/2019).

“Bagi siapa yang hadir rutin untuk salat di masjid, untuk salat Subuh, Maghrib, dan Isya akan diberi hadiah berupa sepeda,” ungkap Ustaz Baharin Yusoff sebagai imam senior Masjid Mahmudi.

Ustaz Baharin Yusoff menjelaskan, sayembara ini sejatinya digelar untuk mengajak anak-anak kecil sedari dini agar semakin terbiasa untuk salat.

“Awalnya memang mungkin mereka ke masjid karena penawaran hadiah sepeda gratis ini. Tapi seiring berjalannya waktu, ketertarikan mereka pada salat akan makin meningkat,” imbuhnya.

 

Sayembara hadiah sepeda gratis untuk anak-anak yang rajin salat di Masjid Mahmudi ini, sudah digelar sejak Ramadan 2018 lalu dengan tujuan mengajak anak-anak kecil agar setidaknya memenuhi salat tiga dari lima waktu.

Tahun lalu, tercatat lebih dari 100 orang anak yang mengikuti program ini. Hingga akhirnya hanya tersisa 15 orang anak yang selalu salat tiga waktu tersebut di masjid selama sepanjang bulan Ramadan.

Ustaz Baharin Yusoff menambahkan, tahun ini penghargaan tidak hanya diberikan untuk anak-anak kecil namun juga para masyarakat lanjut usia.

“Semua orang bisa memenangkan sepeda tersebut jika memang memenuhi syarat. Tahun ini kami juga memberikan penghargaan kepada orang lanjut usia yang paling aktif salat Tarawih di masjid,” tambah Ustaz Baharin Yusoff.

Pengumuman pemenang sekaligus pemberian hadiah dari sayembara sepeda ini nantinya akan diumumkan pada malam ke-28 Ramadan. M. Abby Danial Mohd Hakiki, bocah 10 tahun yang menjadi pemenang tahun lalu setelah rutin salat Tarawih di masjid selama 30 hari berturut-turut mengatakan sebenarnya hadiah sepeda itu hanyalah bonus untuk dirinya.

“Aku suka datang ke masjid, karena aku bisa menolong jamaah lain untuk menyiapkan makanan dan menjaga agar masjid tetap bersih. Jika aku dapat sepeda, itu keberuntungan saja. Jika tidak ya tidak apa-apa, karena aku melakukan ini untuk Allah,” ujar Abby.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini