nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puasa Tapi Belum Mandi Besar Haid, Bagaimana Hukumnya?

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 08:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 14 614 2055718 puasa-tapi-belum-mandi-besar-haid-bagaimana-hukumnya-HrOPw68UnH.jpg Ilustrasi (Foto: Wittyfeed)

Tanya:

Assalamualaikum wr wb,

Selamat siang Pak Ustaz, saya mau curhat terkait dengan datang bulan di Ramadan ini. Gini, saya kan ngerasa haid saya belum selesai, tapi ternyata pagi ini saya cek sudah tidak ada lagi darah atau flek di sana. Tapi, karena saya belum mandi besar, ini puasa saya gimana ya? Batalin saja atau lanjut berpuasa?

Jawab:

Waalaikumsalam wr wb,

 

Kondisi ini sulit memang dimengerti. Sebab, perempuan pun tak tahu pasti kapan dia berhenti haid. Namun, jika kondisinya sudah begini, menurut saya lanjut puasa saja, tapi dengan catatan kamu belum melakukan hal yang membatalkan puasa. Nah, masalahnya di sini, biasanya tak ada niat puasa di waktu sahur atau malam sebelumnya. Ini problem bagi Mazhab Syafi'i.

 

Lalu, solusinya bagaimana?

 

Ya, solusinya tidak berpuasa, tapi dia wajib qadha di bulan lain. Ini dalam pandangan Mazhab Syafi'i. Kalau menurut Mazhab Hanafi, niat puasa saat suci di pagi hari nggak masalah. Kalau dia pengikut Mazhab Maliki, itu lebih mudah juga karena dia dapat berniat puasa sekaligus sebulan di awal Ramadan.

 

Ustaz Alhafiz Kurniawan, Redaktur Keislaman NU Online dan Pengurus LBM PBNU Divisi Publikasi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini