Bayar Zakat Fitrah Mepet-Mepet, Bagaimana Hukumnya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 18 Mei 2019 11:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 18 616 2057290 bayar-zakat-fitrah-mepet-mepet-bagaimana-hukumnya-htTb0BWPoD.jpg Membayar Zakat Fitrah (Foto: Ilustrasi/Koran Sindo)

ZAKAT fitrah adalah kewajiban yang harus ditunaikan oleh semua umat Muslim yang mampu, di bulan Ramadan. Di mana tujuannya, tidak hanya untuk membantu sesama yang membutuhkan. Namun juga menyempurnakan ibadah puasa di bulan Ramadan itu sendiri.

Tapi tak jarang, sebagian dari kita dikarenakan kesibukan yang padat, atau mungkin murni karena kelupaan. Pada akhirnya menunaikan ibadah zakat fitrah dalam waktu yang sangat dekat dengan batas deadline pembayaran, atau dengan kata lain, mepet waktu menjelang salat Idul Fitri.

Lalu perihal soal membayar zakat mepet waktu ini, seperti apakah penjelasannya dari segi agama? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya langsung kepada Ustadz Cecep Maulana.

“Nabi menjelaskan zakat itu kan ada zakat mal dan zakat fitrah. Kalau zakat fitrah itu batasan waktunya hingga salat Ied. Nah kalau di luar itu, kata Nabi namanya sedekah jadi tidak dicatat sebagai zakat fitrah. Secara aturan, diperbolehkan mepet-mepet. Cuma masalahnya kalau sampai zakat itu tidak sempat terdistribusikan, karena masalah waktu keburu salat Ied, maka jadinya bukan zakat fitrah,” jelas Ustadz Cecep Maulana, saat ditemui dalam acara “Ngabuburit Bersama Shopee Big Ramadhan Sale”, Jumat (17/5/2019) di bilangan Blok M, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Ustadz Cecep Maulana menjelaskan, sejatinya jika sampai tercatat tidak menunaikan ibadah zakat fitrah. Maka ada kerugian besar yang harus ditanggung.

“Orang yang enggak zakat fitrah kerugiannya apa? Puasa Ramadannya jadi menggantung, tidak sempurna, tidak diterima oleh Allah SWT karena tidak mengeluarkan zakat fitrah. Sebenarnya waktu pendistribusian zakat fitrah ini yang dikhawatirkan tidak sempat. Maka bagusnya sebenarnya di 1 Ramadan juga sudah boleh, lebih cepat lebih mempermudah distribusinya,” pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini