Berburu Takjil di Masjid Istiqlal, Ini 5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Anda Cicipi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 21 614 2058209 berburu-takjil-di-masjid-istiqlal-ini-5-rekomendasi-kuliner-yang-wajib-anda-cicipi-rnJ0v2aUps.jpeg Es Kelapa Muda (Foto: Dimas/Okezone)

Bulan suci Ramadan adalah bulan penuh berkah bagi setiap umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, bulan Ramadan selalu diwarnai oleh sejumlah tradisi unik yang hingga saat ini masih digandrungi masyarakat. Contohnya berburu kudapan berbuka puasa atau takjil.

Nah, dari sekian banyak tempat yang menjajakan aneka takjil, Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat menjadi salah satu favorit warga Jakarta. Selain strategis, pilihan makanan di tempat ini juga terbilang lengkap. Mulai dari kolak, gorengan, es kelapa muda, hingga makanan berat.

Daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan rekomendasi kuliner yang wajib Anda cicipi saat sedang berkunjung ke Masjid Istiqlal. Jangan lupa, datanglah menjelang Maghrib agar pilihan takjil semakin banyak.

Bakpao

Bagi Anda yang ingin berbuka tetapi juga menghindari rasa kenyang yang berlebihan, sajian bakpao daging ayam bisa jadi pilihan yang tepat. Nah, untuk mencicipi hidangan bertekstur lembut dan bercita rasa gurih ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp8 ribu per buah.

Jajanan Kuliner

Ketoprak

Mau langsung makan besar setelah berbuka? Pesan saja ketoprak. Pantauan Okezone, ada beberapa pedagang ketoprak yang bisa Anda jumpai di halaman Masjid Istiqlal. Salah satunya tepat berada di depan pintu masuk mobil. Harga yang ditawarkan berkisar Rp15 ribu per porsi.

Jajanan Kuliner

Risol dan gorengan

Momen buka puasa rasanya belum lengkap jika belum menikmati olahan gorengan dengan sensasi kriuknya yang menggoda. Pilihan gorengan di tempat ini juga terbilang banyak. Namun jika Anda sudah bosan menyantap mendoan, combro, atau pisang goreng, coba cicipi risol isi daging ayam yang dijual oleh salah seorang pedagang bernama Pak Tayana. Lokasinya berada tepat di dekat pintu masuk masjid. Untuk mencicipi kudapan ini Anda harus merogoh kocek sebesar Rp1 ribu per buah.

Jajanan di Masjid Istiqlal

Nasi goreng dan soto

Selain ketoprak, pilihan makanan berat di Masjid Istiqlal juga cukup lengkap loh, Okezoners! Buat para pencinta nasi goreng dan soto lamongan, Anda bisa menikmati hidangan tersebut dengan harga yang relatif terjangku, Rp15 ribu -Rp20 ribu per porsi. Pedagang yang menjual hidangan ini pun relatif banyak dan tersebar di halaman masjid.

 Jajanan di Masjid Istiqlal

Es kelapa muda

Untuk pilihan minumannya sendiri ada olahan es buah, jus, es teh manis, es jeruk, hingga es kelapa muda. Okezone sempat mencicipi segelas es kelapa muda yang disajikan dengan susu kental manis. Rasanya benar-benar sangat segar dan pas di lidah. Daging kelapanya pun terasa halus dan lembut. Soal harga, tidak perlu khawatir. Segelas es kelapa muda dibanderol senilai Rp7 ribu saja.

Jajanan di Masjid Istiqlal

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ren)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya