Tips Tetap Fit saat Mudik Lebaran ala Dokter Reisa Broto Asmoro

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 21 616 2058621 tips-tetap-fit-saat-mudik-lebaran-ala-dokter-reisa-broto-asmoro-43f8GfcF2O.jpg Tips dari dokter cantik Reisa Broto Asmoro (Foto: Ist)

13 hari lagi umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tradisi mudik atau pulang kampung masih dilakukan untuk merayakan hari kemenangan bersama keluarga. Namun tak jarang pemudik tidak memperhatikan kesehatan mereka, yang pada akhirnya pemudik jatuh sakit. Lantas bagaimana agar pemudik tetap fit saat diperjalanan?

Berikut adalah tips dari Dokter Reisa Broto Asmoro yang diwawancarai Okezone pada acara Prudential PRUPrime Healthcare Plus dan PRUPrime Healthcare Plus Syariah, Senin, 20 Mei 2019.

“Harus makan teratur jangan sampai kena penyakit maag juga. Makanan pas lebaran full of lemak, minyak dan lain sebagainya. malah nambah penyakit yang macem-macem nantinya. Dan pastikan kita makannya teratur, makan sehat. Usahakan pas mudik bawa air minum sendiri, kapan pun kita harus minum tetap dibawa.” ujar dokter cantik ini.

Pola Makan yang teratur adalah kunci agar tetap sehat saat mudik. Dari penuturan Dokter Reisa Broto Asmoro juga dijelaskan jangan sampai ketika kita melakukan kegiatan mudik kita terkena dehidrasi usahakan selalu membawa air. Kemudian yang menjadi perhatian adalah, banyak pemudik yang kelelahan dan pola tidur yang buruk, seperti tidur di mobil..

“Kalau tidur di mobil memang tidak disarankan, cuma kalau keadaan kondisi yang aman di rest area dan kondisi mesin gak nyala itu boleh. Tapi kan panas, jadi banyak yang milih masuk di dalam mobil dengan mesin nyala, itu yang gak boleh. Paling tidak buka jendela, perjalanan buka jendela kan banyak asap knalpot. Nah usahakan kalau istirahat mending cari penginapan yang bener lah, jadi waktunya diatur ajah kalau kotanya jauh. usahakan kalau di malam hari mending nginep dulu baru lanjut di pagi harI,” bebernya.

Lantas bagaimana mudik bersama anak, apa saja yang dipersiapkan agar si kecil nyaman sepanjang perjalanan?

“Persiapannya pasti banyak. bawa makanan sendiri yang disiapkan untuk sepanjang perjalanan. Jangan sampai kita beli makanan di pinggir jalan yang kualitasnya kita gak tahu, dan bawa mainan atau sesuatu yang bisa menghibur dirinya sepanjang perjalanan. jangan terus terusan kasih gadget, kasihan matanya nanti capek. usahakan bawa mainan yg bisa melatih motorik dan sensorik secara langsung. sama buah-buahan untuk vit mineral dan menangkal anti oksidan.” lanjut dokter Reisa Broto Asmoro.

Agar anak ketika mudik tidak sakit, diusahakan moms membawa makanan sendiri daripada harus beli di jalan. Karna ditakutkan menjadi sumber penyakit pada anak.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ren)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya