nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ceramah Terakhir Ustadz Arifin Ilham, Ingatkan Sedekah Ringankan Sakaratul Maut

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 18:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 23 616 2059536 ceramah-terakhir-ustadz-arifin-ilham-ingatkan-sedekah-ringankan-sakaratul-maut-S5817cJfOI.jpg Ceramah Terakhir Ustadz Arifin Ilham (Foto: Instagram)

KABAR duka datang dari sosok Ustadz Arifin Ilham. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Penang, Malaysia, Rabu (22/5/2019), akibat kanker getah bening. Kabar meninggalnya Ustadz Arifin Ilham disampaikan langsung oleh anaknya Muhammad Alvin Faiz, melalui laman akun Instagramnya, @alvin_411

Saat sang Ayahanda masih dalam keadaan kritis, Alvin sempat mengunggah penggalan video ketika sang Ayah berdakwah. Di mana dalam tayangan video tersebut, tampak Ustadz Arifin Ilham tengah berceramah membahas tema tentang sakaratul maut, tepatnya perihal ibadah yang dapat meringankan sakaratul maut.

Hasil penelusuran Okezone, Kamis (23/5/2019) melalui akun Youtube Aries Andriansyah, video ceramah Ustadz Arifin Ilham yang diunggah pada 23 Desember 2018 lalu, menjelaskan bahwa sejatinya ibadah sedekah yang dilakukan seseorang dalam semasa hidupnya, dapat meringankan seseorang yang tengah mengalami sakaratul maut.

“Ketika seorang mengalami sakaratul maut, berandai-andai kembalikan kami ke muka bumi satu detik saja, pasti akan bersedekah,” ungkap Ustadz Arifin Ilham dalam ceramahnya tersebut.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Ustadz Arifin Ilham, kurang lebih ada lima alasan mengapa ibadah sedekah begitu besar manfaatnya bagi seseorang, bahkan tidak terputus walau sudah tiba hari akhir, hari kiamat sekalipun.

“Ibnu Qoyyim Aljausi menjelaskan kenapa tidak, puasa, haji tapi malah bersedekah. Pertama karena sedekah sangat meringankan sakaratul maut, kedua lampu yang paling terang di alam kubur, ketiga karena pintu surga yang paling besar terbuka, Assakhoya yang dilewati orang dermawan, lalu yang keempat tanda ibadah diterima adalah senangnya sedekah. Kelima, paling sulit menghadapi hisab adalah harta, darimana harta didapat dan dikemanakan,” tambahnya.

Sebagai kalimat pamungkas, Ustadz Arifin Ilham mengungkapkan betapa beruntungnya para hamba Allah yang selalu mensedekahkan hartanya sebab sejatinya amalan tersebut tidaklah putus hingga hari akhir nanti.

“Maka bersyukurlah hamba Allah SWT yang mensedekahkan jariyah hartanya walau dia wafat, harta itu terus mengalir sampai hari kiamat,” tutup Ustadz Arifin Ilham.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini