nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Foto Jenazah Lansia Ditolak Masjid untuk Disalatkan, Begini Faktanya!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 05:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 24 614 2059724 beredar-foto-jenazah-lansia-ditolak-masjid-untuk-disalatkan-begini-faktanya-z8GiW2GQi8.png Jenazah Lansia (Foto: Instagram/Mohondengarsuarakam)

Beberapa hari lalu, netizen Indonesia dihebohkan oleh sebuah kabar mengejutkan dari daerah Cileunyi, Jawa Barat. Hal ini bermula dari unggahan foto milik akun Instagram @mohondengarkansuarakami yang mendadak viral di media sosial.

Pada foto itu, dijelaskan bahwa salah satu masjid di daerah tersebut ,menolak solatkan jenazah seorang lansia. Jenazah yang diketahui bernama Mak Sarmi itu, ditolak karena ia berasal dari kalangan tidak mampu, dan pihak pengelola masjid enggan mengotori karpet mereka yang masih baru.

"Di mana kah hati nurani DKM masjid di daerah Pasir Tukul Cileunyi. Di manakah RT RW setempat yang tidak bisa mengupayakan agar jenazah bisa disalatkan dengan layak di masjid/musholla? Hanya gara-gara seorang nenek tua yang miskin? Sampai tidak boleh disalatkan di masjid. Dengan alasan karpet masih baru?," tulis sang pengunggah pada keterangan foto.

Mendengar kabar tersebut, pihak masjid pun mendapat kecaman keras dari warga setempat dan netizen Indonesia. Siapa yang tidak terenyuh hatinya ketika mendengar kabar tersebut?

Namun untuk memastikan kebenarannya, Okezone mencoba menulusuri lebih lanjut duduk perkara kasus ini. Salah satu komunitas pegiat sosial asal Bandung, Real Bandung Action (RAB), diketahui telah melakukan konfirmasi secara langsung kepada pihak masjid.

Lewat akun instagram mereka, RAB pun menyatakan bahwa kabar penolakan jenazah Mak Sarmi di masjid milik seorang pria yang mereka sebut 'Pak Haji' itu hanya kesalahpahaman semata.

Sang pemilik masjid bahkan tidak tahu menahu karena saat kejadian berlangsung ia sedang tidak berada di tempat. Ia menuturkan, kejadian ini bisa saja dipicu oleh ketidaksenangan seseorang kepada dirinya.

"Orang tuh gak semua sama, ada yang suka dan gak suka sama keluarga Pak Haji. Bisa jadi yang bicara itu tidak suka dengan keluarga Pak Haji. Tapi Pak Haji intinya sudah memaafkan semuanya," tulis RAB pada keterangan foto.

Mereka pun meminta agar warga tidak lagi membesar-besarkan kasus ini.

"Mohon kepada yang telah me-repost postingan sebelumnya agar dihapus," tulis mereka.

Jadi Okezoners, berhati-hatilah dalam membaca informasi yang beredar di media sosial maupun portal berita manapun. Selalu lakukan double-checking, untuk memastikan keabsahan informasi yang diberikan.

View this post on Instagram

HARAP REPOST POSTINGAN INI JG, Bagi yg merepost berita yang kemarin @indahbersedekah Dan yang @realaction_bandung posting . . . BISMILLAH BUDAYAKAN MENONTONTON VIDEO SAMPAI SELESAI BIAR PAHAM. VIDEO 3 SAMPE 9 ITU PERNYATAAN SUMBER BERITA DAN TEH IMAS YAYASAN INDH BERSEDEKAH YG POSTING BERITA PERTAMA KE IG SAYA EGI MEREPOST BERITA YG ADA KARNA SY JG MIRIS TENTANG BERITA SEBELUMNYA. SANGAT WAJAR, DAN SYPUN BICARA BEGITU KE PAK HAJI PEMILIK MESJID, KRN SY DAN KAMI PEDULI. BUKAN MAU CARI SENSASI ATAU CARI RIBUT, SETIDAKNYA KAMI DISINI PEDULI . POINT nya adalah 1. Ada sumber yg di tanya ketika kenapa alm. Emak tdk di solatkan di mesjid, ada salah satu warga bilang, gak boleh da karpet na baru. Itu warga yg takziah bicara kepada ( teh lilis, sumber berita) dan teh lilis nanya ke emak enok, anaknya alm. Mak sarmi dan meng ia kan ( TADI SDH DI TANYA, KATANYA LUPA, DAN SUAMI MAK ENOK BERKATA MUNGKIN LAGI SEDIH DAN GA SADAR JD MENG IA KAN) . . POINT 1 ADALAH, KELUARGA TDK MAU MEMPERPANJANG MASALAH, KRN TDK MAU RIBUT DAN PAK HAJI PEMILIK MESJID MEMANG TDK TAU APA" KARNA SDG TDK ADA DI RMH DAN TKP . POINT 2. KETIKA KAMI SDH KLARIFIKASI TERHADAP PAK HAJI , PAK HAJI BERBICARA, ADA DI VIDEO, SIMAK BAIK".. BAHWA ORANG TUH GAK SEMUA SAMA, ADA YG SUKA DAN GAK SUKA SM KELUARGA PAK HAJI, BISA JADI YG BICARA ITU TDK SK DGN KELUARGA PAK HAJI.. TAPI PAK HAJI INTINYA SDH MEMAAFKAN SEMUANYA, TERMASUK SY SENDIRI ( ADA DI VIDEO PERTAMA) MEMINTA MAAF, SEMPAT TERPANCING EMOSI JIKA BERITANYA BENAR, DN PAK HAJI PUN MEWAJARKAN.. YANG TERPENTING BERSIHKAN NAMA BAIK KELUARGA PAK HAJI. . . 3. CUKUP SEKIAN, TDK USAH DI JABARKAN LG, INGAT JIKA PEDULI BUKAN BERARTI MENGHUJAT, TAPI DATANG DAN BERSILATURAHMI, SEPERTI KAMI YG DATANG LANGSUNG, KRN BIAR JELAS DAN TDK KISRUH. KASIAM KELUARGA ALMARHUM JG, TAKUTNYA DIA TDK TENANG DAN MERASA TERTEKAN JUGA, DAN PAK HAJI SELAKU YG PUNYA MESJID JG BERBESAR HATI MEMAAFKAN TEH LILIS, TEH IMAS DAN KAMI YG POSTING. . . KALO TRS DI GALI" KENAPA SIAPA AKAN TRS PANJANG DAN TDK SELESAI". MARI REDAM SEMUANYA. . . TERIMAKASIH KEPADA PAK HAJI DAN PAK UDIN DKM SETEMPAT YG SDH MENERIMA KAMI DGN BAIK. WASSALLAM

A post shared by Real Action Bandung (@realaction_bandung) on

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini