nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Dengarkan Khotbah, Sah Kah Salat Ied Kita?

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 17:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 04 614 2063682 tak-dengarkan-khotbah-sah-kah-salat-ied-kita-mXUSp3KZ4v.jpg Ilustrasi Salat. (Foto: Okezone/Runi)

HARI Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Banyak kegiatan yang dilakukan umat muslim selama Idul Fitri, seperti mengunjungi keluarga. Tapi, semua akan dimulai setelah kita menjalankan Salat Ied terlebih dahulu.

Salat Ied adalah ibadah Salat sunah yang dilakukan setiap hari raya umat islam yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Menurut para ulama, Salat Ied termasuk dalam Salat sunah muakkad, yang berarti Salat ini walaupun bersifat sunah, namun sangat penting sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya.

Ketika Salat Ied, biasanya masyarakat melaksanakan salat ied di Masjid atau tanah lapang. Seperti halnya Rasulullah di beberapa riwayat. Salat Ied sama seperti Salat jumat yaitu ada khotbah atau ceramah di tuturkan oleh pemuka agama di tempatnya masing-masing.

 Biasanya ada beberapa jamaah yang pulang setelah Salat Ied, dan meninggalkan khotbahnya

Tapi, yang menjadi pembeda khotbah Jumat biasanya dilakukan sebelum Salat Jumat, Sedangkan khotbah Ied dilakukan sesudah Salat Ied. Biasanya ada beberapa jamaah yang pulang setelah Salat Ied, dan meninggalkan khotbahnya. Lantas, sah kah kelakuan kita ini?

Ustadz Reza Haddad, menjelaskan hukum Salat Ied dan sahkah Salat ied adalah sunnah muakkad, yang berarti sangat dianjurkan pelaksanaannya walapun bersifat sunnah.

"Dahulu Rasullulah pernah mengatakan pada sahabatnya bahwa mereka boleh saja pulang dan tidak mendengarkan khotbah dan boleh juga untuk tetap duduk. Sementara Salat Ied Mereka tetaplah sah," kata dia kala dihubungi Okezone.

"Namun, alangkah baiknya agar ibadah ied menjadi sempurna lebih baik setelah Salat ied tetap mendengarkan khotbah Ied," lanjut Ustadz Reza.

hukum Salat Ied dan sahkah Salat ied adalah sunnah muakkad, yang berarti sangat dianjurkan pelaksanaannya

Sebagaimana Dalam Sebuah Hadist:

Aku mengikuti Salat Ied bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Ketika selesai Salat beliau bersabda: Sesungguhnya kami akan berkhotbah, barangsiapa yang mau duduk mendengarkan khotbah silakan duduk, barangsiapa yang ingin untuk pergi silakan pergi.” (HR. Abu Dawud, anNasaai, dan Ibnu Majah dishahihkan oleh al Albaniy dalam shahih sunan abi dawud)

Walaupun Salat ied tanpa mendengarkan khotbah tetap sah alangkah baiknya kita sebagai umat muslim mendengarkan khotbahnya juga agar segala ibadah kita makin sempurna. dan pahala kita makin bertambah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini