nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak hanya Bersuci Sebelum Salat, Ini Makna Lain Wudhu!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 01:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 19 616 2068300 tak-hanya-bersuci-sebelum-salat-ini-makna-lain-wudhu-qVpx3ekaxQ.jpg Manfaat Wudhu (Foto: About Islam)

APAKAH wudhu bagimu hanya cuci cepat sebelum shalat? Maka inilah saatnya untuk belajar tentang manfaat luar biasa dari wudhu untuk kehidupan ini dan selanjutnya. Yuk! cari tahu bagaimana Anda dapat melakukan wudhu Anda dengan cinta yang mendalam, Insya Allah!

Allah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman! ketika Anda bersiap untuk salat, basuh wajah Anda dan tangan Anda (dan lengan) ke siku, gosok kepala Anda (dengan air) dan (basuh) kaki Anda ke pergelangan kaki..” (Al-Quran 5: 6)

Berikut adalah 7 manfaat wudhu yang dikutip dari AboutIslam pada Rabu (19/06/2019).

1. Untuk pengampunan

Dosa membebani Anda. Dosa membuat hatimu terasa berat dan menurunkan produktivitas spiritualmu. Melakukan wudhu adalah cara yang ampuh untuk pengampunan sehingga produktivitas spiritual Anda meningkat lagi!

Nabi berkata:

“Ketika seorang hamba Muslim atau orang beriman membasuh wajahnya (dalam perjalanan wudhu) setiap dosa yang telah dilakukannya dengan matanya dibasuh dari wajahnya bersama dengan air, atau dengan setetes air terakhir; ketika dia mencuci tangannya, setiap dosa yang mereka lakukan dihapuskan dari tangannya dengan air, atau dengan setetes air terakhir; dan ketika dia membasuh kakinya, setiap dosa di mana kakinya berjalan disapu dengan air, atau dengan setetes air terakhir, dengan hasil bahwa dia keluar dari semua dosa” (Muslim)

Tindakan:

Perhatikan setiap langkah wudhu Anda dan jangan terburu-buru atau mengabaikan bagian tubuh apa pun dengan mengingatkan diri sendiri tentang manfaat wudhu yang luar biasa ini!

2. Memiliki tidur yang penuh berkah

Bayangkan malaikat tinggal sangat dekat dengan Anda sepanjang malam. Dan bayangkan malaikat itu memohon kepada Allah untuk mengampuni Anda! Inilah yang terjadi ketika Anda berwudhu sebelum tidur, sungguh suatu berkah!, bahkan Anda dapat tidur dengan cara yang produktif.

Nabi berkata:

“Bersihkan tubuh ini dan Allah akan memurnikan Anda. Setiap kali seorang budak tidur dalam kondisi penyucian, seorang malaikat tidur di dalam rambutnya dan dia tidak membalik pada malam hari kecuali bahwa dia [malaikat] berkata: ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu, karena dia pergi tidur dengan disucikan’” (At-Tabarani)

Tindakan:

Ketika Anda merasa lelah atau mengantuk, dorong diri Anda untuk berwudhu dengan memikirkan hadits ini!

3. Untuk Manajemen Kemarahan

Kemarahan adalah salah satu pembunuh produktivitas sejati. Berapa banyak keputusan yang Anda buat pada saat Anda dalam kemarahan? Mengatakan hal-hal dalam kemarahan merupakan salah satu alasan dari bertengkarnya persahabatan bahkan rusaknya pernikahan. Melakukan wudhu adalah senjata yang sangat ampuh untuk memanajemen kemarahan.

Nabi berkata:

“Kemarahan datang dari iblis, iblis diciptakan dari api, dan api padam hanya dengan air; jadi ketika salah satu dari Anda menjadi marah, dia harus melakukan wudhu” (Sunan Abu Dawud)

Tindakan:

Berwudhulah ketika Anda dalam keadaan marah dan lihat perbedaannya!

4. Untuk Meningkatkan peringkat Anda di surga

Nabi berkata:

“Apakah aku tidak akan memberitahumu sesuatu yang melaluinya Allah menghapuskan dosa dan menaikkan derajat?”

Sahabat berkata:

"Tentu, wahai Rasulullah."

Dia berkata:

“Melakukan wudhu secara menyeluruh terlepas dari keadaan yang sulit” (Muslim)

Tindakan:

Jadi lain kali saat cuaca sangat dingin atau dalam kesulitan, jangan lupa, berwudhu lah!

5. Mengampuni dosa Anda

Banyak sunnah yang indah telah kita lupakan. Mari kita hidupkan kembali dan dapatkan banyak pahala, insyaAllah!

Nabi berkata:

“Jika ada yang melakukan wudhu seperti saya dan melakukan salat dua rakaat di mana ia tidak memikirkan hal lain maka dosa masa lalunya akan diampuni” (Al-Bukhari)

Tindakan:

Berdoalah dua rakaat sukarela setelah wudhu Anda!

6. Untuk Allah sendiri

Niat Anda untuk melakukan wudhu sangat penting namun, Anda tidak harus mengucapkan niat Anda dengan keras. Banyak orang yang berniat wudhu untuk beribadah, sebaiknya niatkanlah bahwa wudhu itu untuk Allah.

Tindakan:

Menurut sunnah, ucapkan bismillah (Atas Nama Allah) sebelum wudhu.

Ketahuilah bahwa wudhu adalah tindakan kita untuk beribadah dan kita tidak bisa mengambil atau mengubah apa pun tentang cara tindakan ibadah dilakukan. Nabi tidak membuat doa (permohonan) apa pun selama wudhu.

7. Untuk menyucikan diri

Mari jujur, berapa banyak air yang Anda gunakan saat melakukan wudhu?

Anas berkata:

"Nabi biasanya melakukan wudhu dengan air." (Muslim dan lain-lain)

Mudd adalah kira-kira jumlah air yang dipegang oleh dua tangan yang ditangkupkan bersama.

Tindakan:

Gunakan mangkuk untuk berwudhu daripada air dari keran!

Catatan:

Untuk wudhu yang produktif, hafalkan dan renungkan dua permohonan sunnah ini

Ash-hadu an laa illaa illaa-llaahu wahdahu laa shareeka lah wa ash-hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasooluh.

(Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah. Ia sendirian; tidak ada rekan bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.)

Bacalah ini dengan mengingat konsekuensi berbahaya syirik. Allah menciptakan kita dan kita adalah untuk Dia. Dia memiliki kita dan yang lainnya. Kita semua adalah budak Allah dan harus hidup seperti budak yang benar.

Allahumma aj'alnee minat-tawwaabeen waj’alnee minal mutatah-hireen.

(Ya Allah! Buatlah aku dari antara orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari antara orang-orang yang menyucikan diri.)

Kita manusia melakukan kesalahan lagi dan berusaha, Kami tidak melakukan banyak hal yang seharusnya kami lakukan dan jika kami melakukannya, kami tidak melakukannya dengan benar. Karena itu kita perlu bertobat lagi dan lagi.

Ya Allah! Jadikan kami murni dalam keyakinan, pikiran, tubuh, pakaian dan tempat kami!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini