Wudhu dengan Air Satu Gayung, Sahkah?

Senin 29 April 2019 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 26 614 2048433 wudhu-dengan-air-satu-gayung-sahkah-UyifpYwhIC.jpg

Wudhu merupakan salah satu syarat agar shalat kita menjadi sah. Karina itu, sebelum skalat kita wajib berwudhu. Tanpa wudhu shalat kita tidak sah. Tapi bagaimana kalau kita berwudhu dengan air satu gayung saja?

Ketua Ikatan Sarjana Alquran Hadist, Ustaz Fauzan Amin menjelaskan saat seseorang mengambil wudhu dengan air dalam satu gayung itu dihukumi musta'mal.

"Sesuai dengan referensi kitab Fathul Qarib halaman 1-3, wudhunya tidak sah menurut madzhab Imam Syafi'e," ungkapnya saat dihubungi Okezone.

Baca JugaJari Masih Ungu karena Tinta Pemilu, Wudhu Sah Gak Ya?

Ustaz Fauzan mengatakan, air satu gayung itu ukurannya kurang dari dua qullah. Dari pendapat Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu mana jumlah airnya tidak sampai dua qullah atau setara 270 liter air.

Dia menambahkan, dalam tata cara berwudhu, mayoritas umat Islam di Indonesia menganut madzhab syafi'e. Dalam hal ini ulama syafi'iyyah membagi air menjadi empat bagian, antara lain:

1. Air suci dan bisa menyucikan, seperti air sungai, air laut, air sumber, air hujan, air es. Air tersebut boleh dipakai untuk berwudhu dan sah hukum wudhunya.

2. Air suci tapi tidak menyucikan, seperti teh dan kopi. Sehingga, tidak bisa dipakai untuk berwudhu atau mandi wajib.

3. Air Musta'mal, air suci yang digunakan dan tidak sampai 2 qullah. Menurut Ulama Syafiyah, airnya tetap suci, tapi tidak bisa dibuat wudhu, karena jumlah airnya tidak sampai 2 qullah.

4. Air Musyammasy yang dipanaskan, baik menggunakan api atau karena terkena sinar matahari. Saat wudhu menggunakan air ini tetap sah. Lebih tepatnya hukumnya makruh, ketika seseorang wudhu menggunakan air tersebut. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya