nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak! Doa Orangtua Paling Mujarab

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Jum'at 28 Juni 2019 16:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 28 330 2072199 simak-doa-orangtua-paling-mujarab-ndtIaZnsIj.jpg Orangtua berdoa dengan anaknya (Foto: Muslim Vibe)

Orangtua adalah orang yang harus dimuliakan oleh seorang muslim. Setiap umat muslim wajib berbakti kepada kedua orangtua mereka.

Jika seorang Muslim tidak memuliakan orangtua mereka maka api neraka akan dirasakan. Namun jika mereka berbakti kepada orangtuanya maka mereka bisa masuk surga!

 pintu

(Foto: Yaqeen Institute)

Nabi Muhammad SAW mengajarkan pada umatnya agar mereka semua berbakti kepada orangtuanya. Berbakti kepada orangtua adalah salah satu amalan utama yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Seperti yang diriwayatkan, dari Abdullah bin Mas”ud katanya, “Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu “alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu “alaihi wa sallam menjawab, Pertama salat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orangtua, ketiga jihad di jalan Allah”.(HR Bukhari I/134, HR Muslim No.85)

Dikutip dari salah seorang ustadz pada ceramah Jumat, (28/06/2019). "Doa orangtua sangatlah penting bagi kita. Sebab doa mereka tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Ridha Allah kepada kita juga tergantung kepada Ridha orangtua kita. Maka Muliakan dan berbaktilah kepada orangtuamu," kata seorang ustadz pada saat ceramah Jumat.

Hadits yang mendasari perkataan Ustadz tersebut adalah: “Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orangtua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Abu Daud no. 1536. Syaikh Al Albani katakan bahwa hadits ini hasan).

Dan “Ridha Allah tergantung pada ridha orangtua dan murka Allah tergantung pada murka orangtua” (Hasan. at-Tirmidzi : 1899, HR. al-Hakim : 7249, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir : 14368, al-Bazzar : 2394)

Allah SWT melarang hambanya berbuat durhaka kepada orangtuanya karena perbuatan tersebut termasuk dosa besar.

Dari Abu Bakrah diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Maukah kalian kuberitahukan dosa besar yang terbesar?” Para Sahabat menjawab, “Tentu mau, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Berbuat syirik kepada Allah, dan durhaka terhadap orangtua.” Kemudian, sambil bersandar, beliau bersabda lagi, “..ucapan dusta, persaksian palsu..” Beliau terus meneruskan mengulang sabdanya itu, sampai kami (para Sahabat) berharap beliau segera terdiam. (Al-Bukhari dan Muslim)

 

"Berbuat baiklah, muliakanlah, dan berbaktilah kepada kedua orangtua jika tidak ingin mendapat siksaan di neraka. Allah akan memberikan pahala yang banyak bagi hambanya yang taat kepada kedua orang tuanya," kata ustadz tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini