Wafat di Makkah, Yuk Kenang Lagi Nasihat Mbah Moen yang Melegenda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 06 614 2088312 wafat-di-mekkah-yuk-kenang-lagi-nasihat-mbah-moen-yang-melegenda-fxQSGWhLly.jpg Mbah Moen. (Foto: Okezone)

KH Maimoen Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi. Beliau wafat di usia 90 tahun. Kabar duka ini tentu jadi kesedihan semua umat di Indonesia pun dunia.

Mbah Moen sendiri merupakan Ketua Syariah PPP dan ulama kharismatik PBNU, yang cukup dihormati di kalangan ulama, bahkan disebut sebagai ahli surga masa kini oleh As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, salah seorang ulama Islam dari Arab Saudi.

Terlepas dari duka mendalam ini, Okezone coba mengenang kembali sosok Mbah Moen lewat beberapa pernyataannya yang menenangkan jiwa. Nasihat beliau ini bisa menjadi 'quotes of your life'. Apa saja nasihat beliau?

Jadi guru tidak usah berniat bikin orang pintar

 Di nasihat ini, Mbah Moen berharap kepada semua guru untuk tidak bermimpi bisa membuat orang lain pintar. Sebab, ketika mimpi itu tak terwujud, akan ada amarah di sana. Berikan ilmu secara ikhlas dan Allah SWT akan mengganti semua dengan kebaikan-Nya.

Jangan berburuk sangka

Menurut Mbah Moen, bagi siapa saja yang berburuk sangka pada orang lain, hatinya akan gelap dan hidup sengsara. Makanya, ada baiknya kita sebagai ciptaan Allah SWT selalu berbaik sangka pada siapa pun.

Makna guru dan tugasnya di mata Mbah Moen

Selain memberi nasihat sebaiknya guru jangan berniat membuat orang pintar, Mbah Moen juga pernah berucap, yang paling hebat bagi seorang guru adalah mendidik, dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar. Mbah Moen juga berpesan kalau sabar adalah kunci dari semuanya, karena tidak ada yang tahu mungkin nanti salah satu murid Anda akan menarik tangan Anda ke surga.

Perlakukan Habaib seperti Alquran

Pernyataan lain yang tak kalah penting dari Mbah Moen adalah cara kita sebagai umat Islam bersikap pada Habaib Allah SWT. Baginya, senakal apa pun habaib, ibarat perca Alquran, dia tak terbaca jadi jangan diikuti, tapi bagaimana pun dia tetap Alquran. Haram untuk dihina dan diinjak.

Ajarkan ilmu meski sedikit

Mbah Moen juga pernah berpesan untuk jangan pelit ilmu meski itu sangat sederhana atau sedikit. Bagaimana pun, itu adalah amal kebaikan Anda yang tak akan terputus pahalanya meski Anda telah meninggal dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini