nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indahnya Festival Bunga di Arab Saudi, Begini Penampakannya!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 19:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 06 615 2101553 indahnya-festival-bunga-di-arab-saudi-begini-penampakannya-CF8xhWUVzn.jpg Indahnya festival bunga di Arab Saudi (Foto: Twitter MOC)

Rupanya bukan hanya negara-negara di Eropa saja yang memiliki festival bunga. Ternyata Arab Saudi yang terkenal dengan padang pasirnya juga memiliki festival serupa.

Ratusan orang berkumpul di Desa Rijal Almaa di wilayah Asir Barat Daya Arab Saudi untuk menghadiri festival bunga yang dikenal dengan nama Flowerman Festival.

 Festival bunga di Arab Saudi

Festival bunga ini mencakup berbagai kegiatan seperti memperkenalkan wisata alam daerah setempat, memperkenalkan sejarah, juga memperkenalkan tradisi daerah tersebut.

Festival ini diadakan untuk merayakan tradisi kuno mengenakan rangkaian bunga yang indah. Rangkaian bunga dan daun dapat dipakai sebagai mahkota kepala.

 Festival bunga di Arab Saudi

Acara tersebut juga menampilkan beberapa tradisi desa penting yang digelar sejak tahun 1950-an, termasuk tarian cerita rakyat daerah. Dalam festival bunga tersebut juga dipamerkan mural warna-warni yang dilukis oleh wanita setempat di dinding rumah mereka.

Festival bunga tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan Arab Saudi setempat. Melalui akun Twitter resminya Kementerian Kebudayaan Arab Saudi mengatakan, "Flowerman Festival dilakukan untuk merayakan tradisi kuno mengenakan rangkaian bunga yang indah, dengan acara menampilkan budaya pedesaan di Rijal Almaa di wilayah selatan Arab Saudi."

Kementerian Kebudayaan Arab Saudi menjelaskan, festival bunga ini bertujuan untuk mengakrabkan masyarakat dengan alam, dengan kegiatan menciptakan mahkota bunga dari alam.

Mahkota bunga sudah populer di kalangan pria dari suku Qahtan di Provinsi Asir. Mahkota bunga biasanya terbuat dari bunga merah dan oranye yang mekar.

 Mahkota bunga di kepala

Suku Qahtan meyakini, mahkota bunga bisa meningkatkan kecantikan dan kesehatan mereka. Selain itu mahkota bunga juga dipakai untuk meredakan sakit kepala ataupun masalah sinus.

Festival bunga sendiri berlangsung selama Agustus kemarin. Ini juga kegiatan untuk mempromosikan wisata alam di wilayah Asir.

Seperti dilansir Alarabiya, kegiatan festival bunga meliputi pertunjukan musik, pertunjukan laser, tarian tradisional, kegiatan menunggang kuda, penjualan kerajinan tangan.

Seorang delegasi Uni Eropa di Riyadh yang menghadiri festival bunga tersebut, Angelos Lenos mengatakan, festival bunga sangat bagus. "Arsitektur bangunan, sejarah desa, museum kecil mendokumentasikan peran sentral kaum perempuan dalam semua aspek kehidupan sosial dan ekonomi desa. Keindahan lukisan interior rumah-rumah lokal menggambarkan budaya al-Soudah yang kaya."

Musim al-Soudah adalah salah satu dari 11 musim festival kerajaan yang dirayakan setiap tahunnya.

"Adanya festival ini memberikan kesempatan bagi pria dan wanita di Arab Saudi untuk mengenal beragam sejarah dan budaya mereka sendiri dan memperkenalkannya ke mancanegara. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia semangat dan kreativitas rakyat Arab," tambah Lenos.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini