nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota Kuno Babilonia Suguhkan Nuansa Islam Abad ke-18

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 23 September 2019 13:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 23 615 2108152 kota-kuno-babilonia-suguhkan-nuansa-islam-abad-ke-18-UKf8GI2TIO.jpg Kota Kuno Babilonia. Foto: Mohammad Ali Huzam/Halalzilla

JIKA ingin tahu bagaimana luar biasanya Islam pada abad ke-18, maka traveler muslim disarankan untuk berkunjung ke Kota Kuno Babilonia di Iraq. Selain memberi pengetahuan tentang sejarah Islam, kota tua dari reruntuhan Mesopotamia ini juga menyuguhkan keindahan.

Bahkan untuk mempertahankan keindahannya, Organisasi Pendidikan Keilmuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan Kota Kuno Babilonia sebagai warisan budaya dunia ke-6 di Iraq. Hal ini sebagaimana dilansir Okezone dari laman Halal Zilla, Senin (23/9/2019).

Kota kuno Babilonia terletak sekitar 85 kilometer dari selatan Baghdad. Wilayah ini terkenal dengan kuil dan menara mudbrick-nya. Dari bangunan tersebut, pengunjung bisa merasakan suasana abad ke-18 secara nyata.

Lantas, apa lagi yang didapat traveler muslim di Kota Kuno Babilonia? Para pelancong dapat berjalan-jalan melintasi 10 kilometer persegi daerah ini untuk membaca sisa-sisa tulisan di bangunan bata dan tanah liat. Dengan begitu pengunjung diharapkan bisa mempelajari sejarah Islam masa lalu.

Anda juga akan dapat melihat patung Singa Babilonia yang terkenal dan Gerbang Ishtar yang sangat megah.

Lebih lanjut, dengan ditetapkannya Babilonia sebagai warisan dunia, rakyat Iraq pun menyambutnya dengan suka cita. Dengan ketetapan tersebut, tempat bersejarah ini bakal mendapat perhatian serius dari pemerintah. Ke depannya akan lebih banyak upaya dan pendanaan yang diprioritaskan untuk mempertahankan dan meningkatkan upaya konservasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini