Share

Traveler Muslim, Ini 6 Tips Menepis Islamofobia di Negara-Negara Eropa & Amerika

Heidy Safira, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 21 615 2107566 traveler-muslim-ini-6-tips-menepis-islamofobia-di-negara-negara-eropa-amerika-GiByOzlHmH.jpg Traveler muslim. Foto: Aboutislam

DI BEBERAPA negara Eropa dan Amerika masih ada Islamofobia, sehingga umat muslim kerap dijauhi dan bahkan diintimidasi. Namun bagi traveler muslim, hal itu bukanlah suatu halangan untuk bepergian. Sebab Islamofobia bisa ditepis asalkan caranya tepat.

Bagi traveler muslim yang ingin traveling ke negara-negara yang warganya masih mengalami Islamofobia, ada baiknya mempersiapkan diri. Dilansir dari Aboutislam pada Sabtu (20/9/19), berikut 6 tips yang bisa membantumu melakukan travelling ke negara Eropa atau Amerika tanpa harus takut menghadapi Islamfobia;

1. Mengucapkan Bismillah

Jangan lupa memulai sesuatu dengan mengucapkan โ€œBismillahโ€, percaya kepada perlindungan Allah SWT dan perbanyaklah doa.

2. Cari Tahu Sejarah Islam di Negara Tujuan

Sebelum berangkat, traveler muslim harus mencari tahu sejarah Islam di negara yang akan dikunjungi. Cari tahu bagaimana mereka memperlakukan Islam atau minoritas di negara itu. Kemudian pelajari juga tentang situasi politik di sana.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Temukan Muslim

Menemukan seorang muslim lokal di negara tujuan dapat membantu pikiranmu menjadi tenang. Kamu dapat bertukarpikiran dan memahami secara mendalam bagaimana rasanya menjadi seorang muslim di negara setempat, bagaimana orang-orang muslim diperlakukan, dan cara-cara untuk menangani situasi-situasi tertentu.

4. Mengikuti Berita Terkini

Walaupun kamu tidak termasuk penggemar berat orang yang suka baca atau menonton berita, sangat penting untuk kamu membaca berita terkini, terutama ketika ingin mengunjungi negara lain. Periksa sumber berita lokal dan internasional sebagai informasi.

5. Bersiaplah untuk Menghadapi Pertanyaan-Pertanyaan

Sebagai seorang muslim, terkadang kita harus menghadapi situasi atau pelecehan yang tidak diinginkan ketika sedang berada di negara yang masih ada Islamofibia. Apa yang harus kamu lakukan dalam situasi seperti itu?

Jika seseorang berteriak atau mengajukan pertanyaan kasar, abaikan, terutama jika dia tidak mengancammu dengan kekerasan. Jika situasinya makin meningkat dan berubah menjadi kekerasan, segera hubungi polisi atau petugas keamanan. Simpan nomor polisi negara yang kamu kunjungi di ponsel atau di cloud digital. Ketahui hak-hakmu sebagai turis, hubungi kedutaan negara asal jika situasi terancam.

6. Keamanan

Selalu mengedepankan keselamatan saat bepergian. Jika suatu tempat tampak mencurigakan, ikuti kata hati dan jangan menjelajah di sana. Jangan biarkan orang asing, sopir taksi, atau bahkan media sosial tahu di mana lokasimu selama iburan.

Itu merupakan beberapa langkah yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan agar menghindari Islamfobia. Jika ingin bepergian tetapi merasa takut untuk melakukannya sendiri, ajaklah beberapa teman kamu atau anggota keluarga. Jangan biarkan rasa takut menghentikan langkah kamu untuk bepergian atau travelling. Ingat, bahwa Allah selalu di sisimu kapan dan di manapun.

ย 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini