nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tauhid Itu Penggugur Kekafiran, Ini Penjelasan Gus Baha

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 15:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 26 614 2109655 tauhid-itu-pengguguran-kekafiran-ini-penjelasan-gus-baha-aohQvQ0q27.jpg Gus Baha. Foto: Screenshoot dari Youtube.

DALAM kehidupan sehari-hari sering ditemukan kata “kafir” dijadikan sebagai bahan olok-olokan. Penggunaan kata kafir tersebut tidak hanya disampaikan kepada non muslim, namun acap kali dilontarkan kepada sesama umat muslim.

Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) mencontohkan, ada yang memegang nisan sambil mengucapkan kalimat tauhid Laa ilaha illaallah, lalu sebagian orang mengatakannya kafir.

"Ada kelompok yang mengatakan gara-gara kalimat Laa ilaha illaallah dan pegang patok nisan itu orang menjadi kafir. Ini jadi paradoks," ujarnya saat mengisi Istighosah di halaman Kantor PBNU, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Padahal, kata Gus Baha, lafal yang termasuk tahlil itu jika dilafalkan maka dapat menghapuskan dosa-dosa manusia. Misalnya, seseorang sudah 70 tahun jadi kafir, kemudian ia membaca kaliamat syahadat, maka orang itu akan menjadi Muslim dan otomatis segala dosanya terdahulu akan diampuni. Jadi kalimat tauhid itu sebenarnya penggugur kekafiran.

Gus Baha menambahkan, ulasan kalimat tauhid sebagai penggugaran status kafir tersebut disetujui oleh semua ulama tanpa kecuali sedikitpun (biijmail ulama). Pandangan tersebut termaktub di dalam Alquran Surat al-Anfal ayat 38.

"Di Alquran dikatakan Qul lilladzina kafaruu in yantahu yughfar lahum ma qad salaf,"

Gus Baha menjelaskan, apabila seorang kafir 70 tahun saja hilang kekafirannya setelah melafalkan Laa ilaha illaallah, maka itu artinya kalimat tersebut bisa melunturkan sifat kafir, bukan menjadikan seorang kafir.

"Lafal yang statusnya menjadi penghilang kekafiran dengan lafadz yang sama orang menjadi kafir, itu enggak ketemu nalar," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini