nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal yang Harus Diperhatikan Hijabers saat Berlibur ke Korea

Heidy Safira, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 13:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 07 615 2113794 5-hal-yang-harus-diperhatikan-hijabers-saat-berlibur-ke-korea-4bw9dYtKs7.jpg Ayana Jihye Moon di Korea (Foto: xolovelyayana/Instagram)

Banyak umat muslim terutama kaum hawa yang berhijab menyukai dunia traveling. Bagi hijabers di Indonesia, Korea adalah salah satu negara yang menjadi impian mereka untuk dikunjungi. Hal ini tak lepas dari maraknya budaya K-pop yang masuk ke Indonesia.

Sudah bertahun-tahun Korea Selatan menjadi salah satu tujuan wisata hijabers Indonesia. Hal ini karena Korea merupakan negara yang tumbuh dengan tekologi yang pesat, budaya yang kental dan pemandangan menakjubkan.

Dilansir dari Muslimgirl (7/10/19), berikut 5 tips yang harus dipahami para hijabers sebelum mengunjungi Korea Selatan:

 Liburan di Korea

1. Berpengalaman saat di bandara

Terkadang banyak hijabers mempunyai pengalaman buruk saat berada di bandara. Orang asing yang belum terbiasa melihat hijab atau jilbab akan bisa saja dengan mudah mengejek bahkan berpikiran bahwa kamu adalah penjahat.

Ini sebabnya bandara juga bisa menjadi tempat yang traumatis bagi sebagian orang. Namun jangan khawatir, selama kamu dengan baik mengikuti prosedur dan aturan yang ada dalam bandara tersebut. Pihak bandara juga memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga setiap tamunya dengan baik.

2. Pahamilah sedikit bahasa Korea

Pelajari beberapa kata dasar Korea. Hal ini penting karena tidak semua penduduk asli korea mengerti dan paham bahasa inggris, jadi setidaknya kamu paham beberapa kata dasar seperti menanyakan “Di mana toiletnya?”. Hal ini tentu akan sangat membantumu selama dalam liburan.

 Bangunan Korea

3. Terorisme

Media yang ada di setiap negara memberitakan umat muslim dengan cara berbeda-beda, ada yang memberitakan hal baik tentang muslim, sampai dengan terburuk seperti muslim merupakan teroris. Pastikan saat berada di negara orang dan sewaktu-waktu kamu ditanyai mengenai muslim, kamu harus siap dan dapat menjelaskan dengan baik tentang agamamu. Hal-hal seperti ini dapat mambantu mengubah pandangan orang yang sebelumnya salah mengenai muslim.

4. Pastikan kehalalan makanan

Daging dan susu adalah makanan pokok Korea, orang-orang di Seoul atau pusat kota tidak akan paham makanan seperti apa yang haram untuk kamu makan sebagai umat muslim. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli atau memakan sesuatu di Korea harus bertanya lebih dulu.

 Makanan Korea

5. Tunjukkan bahwa kamu orang baik

Agama bukan merupakan hal penting bagi kehidupan banyak orang di Korea, mereka akan sangat menghormatimu dengan apa yang kamu tunjukkan. Tunjukkan jika kamu merupakan orang suci, dalam artian rendah hati kepada lingkungan dan orang lain. Lakukan hal yang baik maka orang lain itu akan bisa menerima, menghormati dan menilaimu dengan sendirinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini