Share

Lupa Rakaat Salat, Apa yang Harus Dilakukan?

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 09 330 2114674 lupa-rakaat-salat-apa-yang-harus-dilakukan-j7xzKRjp2S.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

SALAT semestinya dilakukan secara khusyuk dengan mengingat Allah SWT semata. Namun dalam pelaksanaannya, seorang muslim bisa saja tidak konsentrasi sehingga lupa jumlah rakaat salatnya.

Perlu diketahui bahwa muslim yang salat biasanya tidak khusyuk karena diganggu setan bernama Khanzab. Ia memang bertugas untuk menggoda manusia saat salat. Lalu apa yang harus dilakukan ketika lupa rakaat salat?

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan, "Jika ragu apakah tiga atau empat rakaat, yaitu terhitung tiga, maka tambah satu lagi.”

Foto: Istimewa

Kemudian di akhir salat sebelum salam, lakukan sujud sahwi, yaitu menembah sujud sahwi dua kali dengan bacaan pada masing-masing sujud:

سبحان من لا ينام ولا يسهو

Subhaana Manlaa Yanaamu Walaa Yashu

Artinya: "Maha suci (Allah) dzat yang tidak tidur dan tidak lupa"

Foto: Istimewa

Ustadz Fauzan menambahkan, apabila baru sadar bahwa lupa rakaat salat setelah ibadah ini selesai, maka menurut madzhab Imam Syafei bisa langsung melanjutkan rakaat selanjutnya. Namun dengan catatan jeda waktunya tidak lama.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Misalkan kita Salat Isya, setelah selesai salam, tiba-tiba ingat bahwa Salat Isya kita baru tiga rakaat. Maka ulama sepakat untuk bisa melanjutkan rakaat yang keempat dengan catatan, jeda antara salam dengan kita ingat itu tidak terlalu lama," paparnya.

Namun apabila jeda waktu antara selesai salat itu lama, maka para ulama pun sepakat untuk mengulangi kembali salatnya. "Jadi kalau misalnya setelah salam baru ingat dalam waktu yang sangat panjang, atau lebih dari satu rakaat, maka harus diulangi lagi salatnya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini