Megahnya Masjid Agung Sheikh Zayed, Tempat yang Suka Dikunjungi Selebriti Dunia

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 10 615 2115222 megahnya-masjid-agung-sheikh-zayed-tempat-yang-suka-dikunjungi-selebriti-dunia-UFsYKAMhOI.jpg Kendall Jenner dan Gigi Hadid saat berkunjung ke Masjid Agung Sheikh Zayed (Foto: Inst)

Banyak masjid indah dan megah tersebar di seluruh penjuru dunia. Salah satunya ada di Uni Emirat Arab (UEA) yaitu Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Keindahan Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi membuat banyak traveler dari berbagai penjuru dunia mengunjunginya. Pada 2017 lalu, masjid ini dikunjungi oleh 3,4 juta traveler dari berbagai negara.

 Rihannad di Masjid Agung Sheikh Zayed

Bahkan para selebriti dunia juga banyak yang mengunjungi masjid yang megah ini. Antara lain, Gigi Hadid, Kendall Jenner, Shanina Shaik, Chanel Iman, Halima Aden, Rihanna, juga Selena Gomez. Saat mengunjungi masjid ini mereka rela memakai pakaian tradisional muslim setempat.

Seperti dilansir CNN Travel, Masjid Agung Sheikh Zayed pernah menduduki tempat favorit kedua yang ingin dikunjungi traveler menurut Trip Advisor. Ini melampaui keinginan berkunjung ke St Peter's Basilica di Vatikan, Taj Mahal di India, juga Angkor Wat di Kamboja.

Mulai dibangun pada 1996, masjid ini membutuhkan waktu 12 tahun untuk menyelesaikan pembangunannya. Masjid ini juga masjid terbesar ketiga di dunia dengan luas sekitar 22.412 meter persegi. Luas ini setara dengan hampir empat lapangan sepak bola.

Nama Masjid Agung Sheikh Zayed diambil dari nama presiden pertama UEA dan penguasa Abu Dhabi, yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Ia juga yang pertama kali merencanakan pembangunan masjid ini.

Masjid yang sangat indah ini dirancang oleh arsitek asal Suriah yang bernama Yousef Abdelky. Arsitekturnya terinspirasi dari arsitektur Persia, Mughal, dan Moor.

Ini juga merupakan karya kolaborasi internasional yang melibatkan lebih dari 3.000 pengrajin dari 38 perusahaan konstruksi global yang ikut membangun masjid ini.

 Masjid Agung Sheikh Zayed

Masjid ini dapat menampung sebanyak 40 ribu jemaah. Menariknya lagi, masjid satu ini berhasil tercatat di Guinness World Records karena memiliki karpet asli yang ditenun langsung oleh tangan, punya lampu gantung terbesar di dunia, dan punya kubah terbesar di dunia.

Terdapat juga desain berbentuk bunga-bunga yang menghiasi dinding masjid ini. Desain ini dibuat oleh seniman dan ilustrator Inggris, Kevin Dean.

"Saya mengirim portofolio saya dan beberapa hari kemudian sudah berada di pesawat menuju Abu Dhabi untuk bertemu Sheikh Sultan," kata Dean, yang juga bekerja di Museum Sejarah Alam di London.

Sheikh Sultan merupakan putra Penguasa Abu Dhabi Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Ia ikut merancang pembangunan masjid yang luar biasa tersebut.

 Masjid Agung Sheikh Zayed

"Dia (Sheikh Sultan) adalah pria yang baik dan memiliki banyak ide tentang masjid karena dia tidak ingin masjid itu didekorasi secara tradisional hanya dengan geometri Islam," ujar Dean.

"Intinya Sheikh Sultan sangat suka dengan ide yang menggambarkan Islam secara internasional dan desain saya merefleksikan itu," pungkas Dean.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini