nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Amalan Istimewa di Hari Jumat, Aa Gym: Pertama Membaca Surat Al-Kahfi

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 11:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 11 330 2115599 6-amalan-istimewa-di-hari-jumat-aa-gym-pertama-membaca-surat-al-kahfi-3o4tJSz3IG.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

DALAM Islam semua hari mulai Senin sampai Sabtu dinilai baik. Namun ada satu hari yang dinggap paling istimewa, yaitu Jumat.

Pimpinan Pesantren Daarut Tauhiid Bandung Ustadz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengatakan Jumat adalah hari yang memiliki keutamaan di sisi Allah Ta’ala.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

.

لا تَطْلُعُ الشَّمْسُ وَلا تَغْرُبُ عَلَى يَوْمٍ أَفْضَلَ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

.

“Tidaklah matahari terbit dan tenggelam pada suatu hari yang lebih utama dari hari Jum’at.” (HR. Ahmad).

Foto: Istimewa

Oleh karena itu ia menyerukan kepada setiap muslim agar memperbanyak amal baik pada Jumat.

“Ayoo di hari istimewa ini kita isi dengan amalan-amalan yang Allah sukai agar setiap waktu yang kita lakukan penuh dengan keberkahan,” demikian seruan tertulis Aa Gym lewat akun Instagramnya @ aagym beberapa waktu lalu.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Lalu apa saja amalan Istimewa pada Jumat? Aa gym memaparkan ada enam, yakni pertama membaca surat Al-Kahfi, kedua memperbanyak dzikir dan salawat, ketiga memakai wangian, keempat mandi sebelum Salat Jumat, kelima datang lebih awal ke masjid untuk Salat Jumat, dan keenam sedekah atau berwakaf yang pahalanya tumbuh, terus mengalir abadi.

Sementara itu diulas Okezone beberapa waktu lalu, ganjaran yang akan didapat dari Allah untuk orang yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat adalah akan disinari oleh cahaya pada hari kiamat nanti. Itu dijelaskan Ibnu Umar RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda;

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepada orang yang sering membacanya di dijelaskan juga oleh Allah SWT, sebagaimana firman Allah: “Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (QS. Al-Hadid: 12)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini