Indeks Kepuasaan Jamaah Haji Meningkat, Menag Lukman Ungkap Rahasianya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 17 614 2118197 indeks-kepuasaan-jamaah-haji-meningkat-menag-lukman-ungkap-rahasianya-qftdSHc4oP.jpg Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: Novie/Okezone

MENTERI Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia (IKHJI) tahun 2019 M/1400 H. IKHJI tahun ini mencapai 85,91 poin, meningkat 0,68 poin dibanding tahun lalu.

"Survei ini sangat berharga untuk kami (Kementeria Agama) yaitu sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji," ujar Lukman kepada wartawan saat ditemui di Gedung Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Lebih lanjut, Lukman mengatakan tahun ini merupakan tahun dengan jamaah haji terbanyak, yaitu 231.000 jiwa. Catatan ini menjadi angka bersejarah dalam pelaksanaan haji Indonesia.

Menag Lukman juga mengatakan, ada banyak faktor yang membuat IKHJI meningkat. "Tentu ada faktor eksternal dan internal kenapa indeks jamaah haji kita mencapai 85,91 persen. Secara internal, kami mempunyai mandat bahwa penyelenggaraan haji adalah tugas undang-undang," katanya.

Lebih lanjut Lukman mengungkap rahasia membuat IKJHI meningkat. Menurutnya faktor pertama yang membuat jamaah haji puas yaitu seluruh petugas selalu mengedepankan azas kebersamaan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kedua, Menag memberikan apresiasi kepada petugas jamaah haji yang telah menunjukan dedikasinya. "Ketiga, jamaah haji kita cukup tertib. Ini harus kita akui," ucapnya.

Lukman bilang, ini artinya sebaik apapaun manajemen dan secanggih apapun alat untuk menjamin kepuasan haji, tanpa disadari ketertiban jamaah juga sangat menentukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya