Turis Asing Incar Wisata Budaya Islam di Gorontalo, Maulid Nabi Jadi Gongnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 20 615 2119258 turis-asing-incar-wisata-budaya-islam-di-gorontalo-maulid-nabi-jadi-gongnya-en02kxmLQa.jpg Wisata budaya di Gorontalo (Foto : @arifcubenk/Instagram)

Setiap wilayah di Indonesia punya caranya sendiri dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kebanyakan ialah melantunkan dzikir bersama di serambi atau masjid. Namun, Gorontalo punya caranya sendiri dalam merayakan hari istimewa tersebut.

Ya, diterangkan Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Gorontalo punya tradisi sendiri dalam merayakan Maulid Nabi. Masyarakat di sana menyebut kebudayaan itu dengan nama Dikili.

"Jadi, semua masjid atau musholah yang ada di Gorontalo pasti akan melantunkan dzikir semalam suntuk dan ini menjadi daya tarik wisata religi bagi turis mancanegara," ungkapnya pada Okezone setelah menerima penghargaan 'Sang Pemimpin' dalam kategori Wali Kota terbaik di bidang pelayanan publik di The Grand Ballroom - Hotel Indonesia Kempinski, Jumat 18 Oktober 2019.

Walikota Gorontolo

Wali Kota Marten melanjutkan, Gorontalo memang menjadikan wisata religi sebagai salah satu nilai jual andalan untuk wisatawan asing. Kultur budaya Islam yang begitu kuat menjadi hal yang menarik bagi turis, khususnya dari Timur Tengah, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Tiga wilayah itu menjadi target wisatawan asing Gorontalo yang memang mendominasi kunjungan. Mereka itu menyukai Gorontalo karena begitu kental budaya Islamnya. Sekali pun kita tahu Gorontalo berdekatan dengan Sulawesi Utara, tapi kultur yang terbangun sangat jauh berbeda.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bicara kembali mengenai Dikili, Maulid Nabi semalam suntuk ini dinilai Wali Kota Marten sebagai simbol keberagaman juga. Betapa Muslim Gorontalo saling merangkul dan menganggap semua orang adalah saudara sendiri. Nilai ini yang kemudian dilihat para wisatawan dan akhirnya menjadi daya tarik tersendiri.

maulid nabi

(Foto : @arifcubenk/Instagram)

Selain Dikili, hal menarik lainnya dari perayaan Maulid Nabi di Gorontalo ialah Walima. Ini merupakan acara lanjutan dari Dikili. Jadi, menurut Wali Kota Marten, selepas masyarakat berdzikir semalam suntuk, mereka paginya akan disuguhkan dengan arak-arakan makanan khas Gorontalo yang hanya ada di sana.

Kegiatan ini semakin memperkuat persaudaraan satu sama lainnya. Jadi, makanan dibagikan secara gratis sebagai wujud syukur telah diberikan rahmat dan nikmat yang besar dari Allah SWT. Para turis asing biasanya bakal tumpah di momen ini, mereka membaur dengan masyarakat Gorontalo yang terkenal akan keramahannya.

Di sisi lain, Wali Kota Marten menerangkan, wisata religi memang menjadi salah satu daya tarik terkuat yang dimiliki Gorontalo. Makanya, sekarang ini di sana terus mengembangkan wisata syariah untuk mengakomodir wisatawan Muslim.

wisata syariah

(Foto : @arifcubenk/Instagram)

"Sekarang ini di Gorontalo semakin banyak tempat wisata halal, penginapan syariah, pun wisata kuliner yang halal. Kami berharap, di 2020 Gorontalo bisa menjadi salah satu destinasi wisata halal yang dimiliki Indonesia," ungkap Wali Kota Marten

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya