Share

Wisata ke Korea, Waspada Tertipu Tempat Makan Berkedok Label Halal

Nisya Indah Putri, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 00:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 27 615 2122188 wisata-ke-korea-waspada-tertipu-tempat-makan-berkedok-label-halal-OEGDUF5svt.jpg Waspada Tertipu Tanda Makanan Halal di Korea (Foto: Word of Buzz)

Kalau kamu wisata ke Korea tentu tidak sah jika belum mengunjungi surga belanjanya yaitu Myeongdong. Tempat ini merupakan salah satu tujuan paling populer di Seoul. Tidak hanya murah, beragam kuliner di sepanjang jalanan Myeongdong terkenal dengan rasanya yang lezat.

Mendapat untung dari banyaknya pengunjung muslim yang datang dari Malaysia, Indonesia dan negara-negara lain, pedagang kaki lima di sana sudah mulai menjual makanan halal untuk memenuhi permintaan wisatawan.

Label Halal

Namun, beberapa pedagang hanya memasang tanda halal sebagai taktik pemasaran untuk menarik wisatawan Muslim, tetapi menyajikan makanan non-halal. Seperti yang dikatakan oleh wisatawan asal Malaysia yang wisata ke Korea, @Najib_Ayub melalui Twitternya, dikutip dari World of Buzz.

"Di Jalan Myeongdong, para pedagang di sini akan memasang tanda halal ketika mereka melihat banyak turis mengenakan jilbab dan ketika mereka melihat wisatawan non-muslim, mereka akan segera mengambil lagi tanda itu."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dia menyertakan video yang menunjukkan penjual menjual daging dengan tanda halal lalu kemudian diturunkan dan diletakkan di belakang. Setelah diperiksa lebih lanjut, ia menemukan pedagang yang menjual daging babi sambil memajang tanda halal.

Alasan dia menyebarkan ini adalah untuk mengingatkan umat Islam agar lebih berhati-hati dalam memilih makanan saat wisata ke Korea. Dia juga menyarankan agar terlebih dahulu mencari informasi resmi tentang vendor makanan halal.


β€œKita memang tidak bisa mengontrol bagaimana cara mereka berbisnis, terlebih lagi kita hanyalah seorang turis. Namun, untuk mengambil langkah yang lebih baik, kita perlu untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan lebih berhati-hati dalam memilih sesuatu yang akan kita beli. Jadikan ini sebagai pengingat untuk kita semua, ya,” sarannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini