Share

8 Jenis Pintu Surga, Kamu Pilih yang Mana?

Dian Fitriyanah, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 12 330 2128774 8-jenis-pintu-surga-kamu-pilih-yang-mana-wmjBpADUNQ.jpg Pintu Surga yang telah dijanjikan Allah untuk hamba-Nya (Foto: Freepik)

Surga menjadi tempat yang selalu diimpikan oleh setiap manusia, di dalamnya menjadi daya tarik tersendiri, karena mata tak pernah melihat keindahannnya, apalagi telinga tak pernah mendengar bisikan-bisikannya, bahkan hati pun tak pernah membayangkan betapa luas nan indahnya, sehingga manusia terpanggil ingin merasakannya. Tapi sebelum masuk ke dalamnya siapa pun harus melalui pintu surga.

Masuknya umat manusia melalui pintu-pintu surga ini bergantung pada banyak faktor, yang paling penting di antaranya adalah rasa takut kepada Allah SWT dan tunduk sepenuhnya kepada perintah-perintah-Nya:

وسيق الذين اتقوا ربهم إلى الجنة زمرا حتى إذا جاءوها وفتحت أبوابها وقال لهم خزنتها سلام عليكم طبتم فادخلوها خالدين

“Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Pintu-pintunya telah dibuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Mulai masukilah surga ini, sedang kamu kekal di kanan". ( QS. Az-Zumar : 73 )

Di lansir dari About Islam dan Islamic Finder, terdapat delapan pintu surga:

1. Pintu doa (Baab As-Shalat)

Ilustrasi pintu surga

Pintu surga ini diperuntukkan bagi hamba Allah yang tepat waktu dan penuh perhatian dalam doa-doa mereka . Allah menjanjikan hadiah besar bagi mereka yang berdoa dengan ikhlas dan gerbang surga ini akan menjadi pemenuhan janji ini:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. ( Q.S Al – Baqarah : 277 ).

2. Pintu Berjuang (Baab Al-Jihad)

jihad akan masuk surga

وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّىٰ لَا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ لِلَّهِ ۖ فَإِنِ انْتَهَوْا َ َ ْ ْ ُ ُ ُ ُ ُ

“Dan perangilah mereka, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (karenanya) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim. ( Q.S Al-Baqarah : 193).

Pintu surga ini diperuntukkan bagi umat Muslim yang berjihad di jalan Allah. Mereka akan masuk surga dari gerbang ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Pintu Puasa (Baab Ar-Rayyan

puasa dapat pahala surga

Orang-orang yang berpuasa dengan tulus untuk mendapatkan ridha Allah akan diizinkan ke surga melalui gerbang ini.

Sahl (RA) melaporkan bahwa Nabi saw bersabda:

“Di Firdaus ada gerbang yang disebut Al-Rayyaan, yang melaluinya orang-orang yang dulu berpuasa akan masuk pada Hari Kebangkitan, dan tidak seorang pun kecuali mereka yang akan memasukinya. Akan dikatakan, 'Di mana mereka yang berpuasa?' Mereka akan bangun, dan tidak ada yang akan masuk kecuali mereka. Ketika mereka telah masuk, itu akan dikunci, dan tidak ada orang lain yang akan masuk ”(Bukhari 1763).

4. Pintu Amal (Baab Al-Shadaqah)

sedekah menuju surga

Pintu surga ini diperuntukkan untuk orang-orang beriman yang beramal dan memberikan sedekah karena Allah.

5. Pintu Iman (Baab Al-Iman)

surga untuk orang yang tabah

Pintu surga ini diperuntukkan untuk orang-orang yang tabah dalam iman kepada Allah dan memercayai keputusan-Nya. Mereka berserah diri dalam menjalani kehidupan yang merupakan pemenuhan atas takdir Allah.

6. Pintu Pengekangan & Kemarahan (Baab Al-Kaazimeen Al-Ghaiz wal Affina anin naas)

Pintu surga ini diperuntukkan bagi orang-orang yang mampu mengendalikan dan menekan amarah. Mereka senantiasa memberi maaf dan mengampuni saudara-saudara mereka salama hidup di dunia.

7. Pintu bagi mereka yang puas dengan Allah (Baab Al-Razeen)

Pintu surga ini diperuntukkan bagi orang-orang yang puas dengan apa yang telah diberikan Allah kepada mereka. Seperti mensyukuri nikmat ataupun puas dengan nikmat yang telah diberikan Allah.

8. Pintu Pertobatan (Baab Al-Tawban)

Pintu surga ini terbuka sepanjang waktu, diperuntukkan bagi hamba-hambanya yang bertobat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini