nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Destinasi Wisata Ciamik Andalan Arab Saudi

Della Astrini, Jurnalis · Senin 25 November 2019 15:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 25 615 2134187 10-destinasi-wisata-ciamik-andalan-arab-saudi-5fspqkGzlQ.jpg Tempat Wisata Andalan Arab Saudi

Arab Saudi selama ini identik dengan ibadah haji, umrah dan wisata religi bagi publik di tanah air. Faktanya, masih banyak destinasi wisata andalan Arab Saudi di luar dua kota suci Makkah dan Madinah, yang menyajikan pengalaman tak terlupakan.

Wisata andalan Arab Saudi mulai dari deretan pantai yang indah, pengunungan dengan udara sejuk dan pepohonan hijau, situs warisan dunia UNESCO Madain Saleh, kawah vulkanik Al Wahbah, makam Siti Hawa serta berbagai spot wisata lain.

Berikut 10 destinasi wisata andalah Arab Saudi dikutip dari Halalzilla.com, Senin (25/11/2019).

1. Pantai Indah di Half Moon Beach

Half Moon Bay telah menjadi tempat rekreasi bagi banyak orang selama 80 tahun terakhir dan terkenal sebagai tempat memancing dan berlayar

Half Moon Bay telah menjadi tempat rekreasi bagi banyak orang selama 80 tahun terakhir dan terkenal sebagai tempat memancing dan berlayar. Tempat ini juga sangat cocok untuk orang-orang yang ingin belajar diving. Sambil bersantai di pasir putih Half Moon Beach Anda juga bisa berenang sambil menikmati perairan yang jernih. Di sana Anda dapat menemukan kereta pantai yang melintasi bukit pasir lho!

Half Moon Beach dipenuhi dengan berbagai fasilitas untuk anak-anak seperti taman hiburan. Jika kalian bingung ingin berlibur dan mencari tempat bersantai, Half Moon Beach adalah tempat yang pas untuk kalian kunjungi!

2. Keindahan Bunga Mawar di Thaif

Thaif merupakan kota yang terletak di dataran tinggi, yang menjadikan suhu udara di kota ini dingin, layaknya Puncak, Bogor.

Thaif merupakan kota yang terletak di dataran tinggi, yang menjadikan suhu udara di kota ini dingin, layaknya Puncak, Bogor. Karena suhu yang dingin, Thaif menjadi kota penghasil buah-buahan dan sayur mayur dan juga bunga mawar terbaik di negara ini.

Di Taman Raja Faisal di Qadeera, kalian dapat mengunjungi taman tersebut bulan Maret dan April untuk menyaksikan Thaif Rose Festival yang menakjubkan. Salah satu yang menarik dari festival ini adalah karpet bunga yang disediakan oleh Thaif Municipality yang terbuat dari 100.000 bunga.

Untuk kalian yang mengunjungi kota Thaif pasti enggak nyesel karena Thaif merupakan salah satu resort liburan yang paling populer di Arab Saudi.

3. Jelajahi keajaiban Al-Ula

Al-'Ula merupakan area yang mencakup lebih dari 29.000 kilometer persegi.

Al-'Ula merupakan area yang mencakup lebih dari 29.000 kilometer persegi. Kota berdinding ini dipenuhi dengan batu bata lumpur dan rumah-rumah batu dan didirikan pada abad ke-6. Al-Ula adalah sebuah oasis di lembah gurun dengan tanah subur dan banyak air. Kota bersejarah ini berasal dari Zaman Perunggu dan menyimpan banyak peninggalan berharga termasuk Madain Saleh, situs Warisan Dunia UNESCO. 

Kota Tua Al-ʻUla didirikan sekitar 800 tahun yang lalu dan meskipun merupakan harta terpendam dari masa lalu Arab Saudi, saat ini ada upaya yang dilakukan untuk menjadikan Al-ʻUla sebagai bagian penting dari masa depan ekonomi Arab Saudi.

Arab Saudi memiliki rencana untuk mengembangkan hotel, infrastruktur transportasi serta museum seni dan budaya kelas dunia di sini. Sebuah resort pun juga direncanakan dibangun dan selesai pada tahun 2023 untuk melengkapi destinasi wisata andalan Arab Saudi ini.

4. Naik sepeda quad melintasi Red Sand Dunes

Sepeda quad ini lebih sering digunakan oleh para wisatawan dibandingkan penduduk setempat yang tinggal di sana.

Siapa yang tidak terpesona dengan batu-batuan dengan umur yang sudah tua? Jika kalian ke tempat ini, cobalah untuk mengendarai sepeda quad di Red Sand Dunes yang letaknya sekitar 45menit dari Riyadh. Sepeda quad ini lebih sering digunakan oleh para wisatawan dibandingkan penduduk setempat yang tinggal di sana.

Jika Anda ingin menjelajahi bukit pasir dengan cara yang “tidak berbahaya” , di tempat ini juga tersedia kereta untuk disewa. Kalau tidak, mendaki ke puncak bukit pasir dan naik turun juga merupakan aktivitas yang disenangi oleh semua orang yang mengunjungi daerah ini.

5. Pasar Tradisional Arab Saudi

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Arab Saudi adalah menjelajahi banyak pasar magis di wilayah tersebut

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Arab Saudi adalah menjelajahi banyak pasar magis di wilayah tersebut. Jika kalian menemukan pasar-pasar tradisional yang terkenal di Arab Saudi, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung.

Ada beberapa pasar tradisional termasuk Qaisariah Souq yang terletak di pusat kota di Al Hofuf, Arab Saudi dan Gabel Street Souq di Jeddah. Qaisariah Souq adalah pasar yang sangat dicintai orang-orang karena tempat ini menjual berbagai barang-barang kuno Arab seperti barang antik dan kopi panggang terkenal.

6. Mendaki kawah vulkanik Al Wahbah

Terletak 250 km jauhnya dari Thaif, kawah gunung berapi Al Wahbah merupakan lokasi utama bagi calon pendaki karena gunung ini memiliki rute yang menantang

Terletak 250 km jauhnya dari Thaif, kawah gunung berapi Al Wahbah merupakan lokasi utama bagi calon pendaki karena gunung ini memiliki rute yang menantang. Kawah ini memiliki ladang garam sedalam 820 kaki di tengahnya. Untuk mencapai ke atas gunung ini, butuh waktu 2 sampai 3 jam untuk menaklukannya

Selain menjadi hotspot untuk pejalan kaki, tempat ini juga merupakan tempat berkemah yang populer bagi mereka yang mencari pengalaman berkemah yang unik. Sejak April 2017, ada banyak perbaikan yang dilakukan untuk mempromosikan pariwisata di Arab Saudi. Sekarang, bahkan ada masjid yang tersedia di ujung jalan masuk.

Selain itu, ada juga tempat piknik di sekitar tepi kawah bagi kalian yang ingin memulai perjalanan sehari penuh.

7. Peternakan Al Safi, peternakan terintegrasi terbesar di dunia

Terletak di Lembah Al Sahbaa sekitar 100 km dari Riyadh, Al Safi Farm adalah peternakan sapi perah terintegrasi terbesar di dunia

Terletak di Lembah Al Sahbaa sekitar 100 km dari Riyadh, Al Safi Farm adalah peternakan sapi perah terintegrasi terbesar di dunia. Sebanyak 50.000 sapi dan anak sapi perah diternakkan di sini dengan produksi susu tahunan sebesar 170 juta liter. Tempat ini pun bisa jadi tempat berlibur yang asyik untuk anak-anak karena di sini anak-anak dapat menyentuh sapi dan memberi susu botol untuk sapi.

8. Ukiran batu Prasejarah di Jubbah

Seni Cadas pun terletak di Jabal Umm Sinman di Jubbah, yang terletak sekitar 90 km barat laut kota Hail.

Jika Anda mencintai sejarah, Anda dapat mengujungi tempat ini di kota Jubbah. Tempat ini menawarkan ukiran batu prasejarah, Seni Cadas. Seni Cadas adalah gambar yang terdapat pada dinding gua atau ceruk, tebing, dan batu. Seni Cadas pun terletak di Jabal Umm Sinman di Jubbah, yang terletak sekitar 90 km barat laut kota Hail.

Di sini Anda dapat menemukan peninggalan nenek moyang orang Arab. Seni menakjubkan ini juga menghadap ke danau air tawar di mana Anda dapat benar-benar membenamkan diri dalam sejarah. Ukiran ini adalah salah satu kompleks seni cadas terbesar dan terkaya di Kerajaan Arab Saudi.

9. Makam Siti Hawa di Al Balad, Jeddah

Makam Hawa dipercaya terletak di salah satu pemakaman tertua di lingkungan Al Balad di Jeddah.

Orang-orang sering bertanya, di mana makam Siti Hawa? Sekarang kalian dapat merenungkan keasliannya ketika kalian mengunjungi tempat pemakaman yang nyata. Makam Hawa dipercaya terletak di salah satu pemakaman tertua di lingkungan Al Balad di Jeddah.

Sejauh ini, makam Hawa telah disebutkan dalam banyak narasi perjalanan klasik dari akhir abad 19 dan awal abad ke 20. Namun, makam ini pun tenggelam dengan banyaknya kontorversi dengan banyaknya penyembah berhala. Pada tahun 1975, situs itu ditutup dengan beton oleh otoritas agama yang tidak menyetujui jamaah yang berdoa di makam tersebut. Namun, situs ini ternyata merupakan situs yang menarik untuk dikunjungi.

10. Menyelam di Jabal Al-Lith

Al Lith merupaka salah satu pelabuhan terbesar Kerajaan Arabia di Laut Merah

Al Lith merupaka salah satu pelabuhan terbesar Kerajaan Arabia di Laut Merah. Pelabuhan ini sekarang menjadi komersial yang mana menerima wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Tempat ini juga salah satu situs penyelaman bawah air dengan air sebening kristal yang menakjubkan dan karang yang cerah.

Dari air pirus dangkal dengan pasir putih hingga pantai dan bagian bawahnya, pulau ini menawarkan banyak hal. Di sekitar area, ada juga jurang-jurang gunung, gua-gua yang terselip di tengah gunung, pasir yang indah dan pemandangan yang mengesankan pastinya.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini