nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Subhanallah, Masjid El Syifa Sangat Ramah untuk Penyandang Disabilitas

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 15:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 03 614 2137434 subhanallah-masjid-el-syifa-sangat-ramah-untuk-disabilitas-TMJPVuiSCD.jpg Ruang salat Masjid El Syifa. Foto: Screenshoot dari Akun Youtube Masjid El-Syifa

KESADARAN masyarakat dan Pemerintah Indonesia terhadap kepentingan penyandang disabilitas di sektor fasilitas sosial cenderung meningkat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya fasilitas umum yang ramah difabel, contohnya KRL dan TransJakarta yang menyediakan area untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Tak hanya itu, rumah ibadah juga sudah mulai ramah disabilitas. Contohnya adalah Masjid El Syifa di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Sekretaris DKM Masjid El Syifa, Ustadz Hadi Saefullah mengatakan, perwujudan layanan disabilitas di rumah Allah tersebut berawal dari rasa kemanusiaan terhadap sesama.

 

Foto: Screenshoot dari Akun Youtube Masjid El-Syifa

"Kami sih enggak ada niatan ya, tapi kami merasa berdosa saja, saya sebagai pengurus DKM kok masjih belum bisa menampung semua teman-teman," katanya saat dihubungi Okezone, Selasa (3/12/2019).

 

Foto: Screenshoot dari Akun Youtube Masjid El-Syifa

"Selama ini layanan masjid ini kayak hanya untuk teman-teman (red, jamaah berfisik sempurna). Lalu kami menggagas ini, meskipun awalnya dari tempat wudhu ramah disabilitas, tapi ini berkembang dengan gerakan masjid ramah disabilitas," terangnya.

Pelayanan khusus terhadap penyandang disabilitas imulai sekira tahun 2000. Mulanya disediakan tempat wudhu khusus untuk tuna daksa. Karena dirasa belum cukup, pada 2008, fasilitas terus dikembangkan lagi.

Selain tempat wudhu khusus, saat di Masjid El Syifa terdapat Alquran braille untuk penyadang tuna netra, wastafel khusus, serta kursi roda untuk berwudhu maupun untuk salat.

Tak hanya itu, bagi penyandang tuna rungu sedang dirancang aplikasi untuk membantu menjalankan ibadah. "Kalau tuna rungu kami baru menyiapkan aplikasinya serta beberapa alat lain," terang Hadi.

Ia menceritakan, semenjak tersedianya layanan khusus, masjid tersebut semakin ramai dikunjungi jamaah dari luar kota. Penyandang disabilitas datang dari berbagai daerah, seperti dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini