nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ibu, Ustadz Dhanu Berbagi Tips Hadapi Orangtua Marah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 22 Desember 2019 12:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 22 616 2144842 hari-ibu-ustadz-dhanu-berbagi-tips-hadapi-orangtua-marah-xHba3UDqLI.jpeg Ustadz Dhanu (Foto: M. Sukardi/Okezone)

Sejak kecil kita selalu mendapat nasihat agar menghormati orangtua. Terlebih, pepatah lama menjelaskan bahwa surga berada di bawah kaki ibu. Di momen Hari Ibu ini, Ustadz Dhanu pun mengingatkan sekali lagi mengenai hal tersebut.

Ya, ia sadar betul bahwa Muslim sudah sejak kecil diminta untuk hormati orangtua. Tapi, beberapa orang mungkin hanya tahu, namun tidak menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Momen Hari Ibu ini ia jadikan sebagai momen introspeksi diri.

"Banyak orang tahu mengenai perintah hormati orangtua, tapi, ya, sekadar tahu. Aplikasinya di rumah nggak ngerti. Contoh sederhananya seperti ini; Anda minta motor, tapi orangtua nggak kasih, Anda lalu marah. Padahal ini kan tidak benar," ujar Ustadz Dhanu saat diwawancarai seusai acara Siraman Qalbu di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat, Minggu (22/12/2019).

 Laki-laki berdiri

Ustadz Dhanu menegaskan, menghormati orangtua baginya hukumnya wajib. Sikap ini pun baginya sesuai dengan apa yang Allah perintahkan di dalam Alquran.

Hal sederhana yang mungkin dapat dipelajari semua orang dalam upaya menghormati orangtua adalah tidak balas marahnya orangtua. Tidak bisa dipungkiri, yang namanya emosi negatif itu bakal muncul dan sebagai anak, tidak boleh kita kemudian merespons amarah orangtua dengan amarah balik.

"Kalau orangtua lagi marah, ya, kita sebagai anak sebaiknya diam saja nggak usah jengkel. Sebab, di balik amarahnya orangtua, tersimpan pahala yang bakal diberikan Allah SWT pada anak-anak soleh," paparnya.

Dia juga menjelaskan, ketika anak laki-laki dapat menahan emosi negatif dari amarah orangtua, Allah SWT akan ganti kebaikan itu dengan memberikan istri yang sifatnya jauh lebih baik dari kita. Hal ini bisa terjadi karena Allah melihat Anda sebagai anak laki-laki bisa menerima marahnya ibu.

Selain itu, ketika Anda bisa menahan diri saat orangtua marah dan melantunkan kalimat tasbih dalam hati, Allah akan menggantikan kebaikan itu dengan rezeki yang berlimpah dan tidak pernah Anda duga sebelumnya.

"Seorang Muslim ketika melakukan kebaikan didasari karena Allah ta'ala, ia akan dapat balasan yang luar biasa dan itu yang akan mempertebal iman dan takwa seseorang," tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini