nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jakarta Diprediksi Hujan Disertai Angin Kencang, Muslim Disunahkan Baca Doa Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 28 Desember 2019 07:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 28 618 2146840 jakarta-diprediksi-hujan-disertai-angin-kencang-muslim-disunahkan-baca-doa-ini-XsFWGcsgyq.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Jakarta akan diguyur hujan pada Sabtu (28/12/2019). Sementara pantauan langsung di Jakarta Pusat pada pagi ini, langit tampak mendung.

Lebih lanjut BMKG mengeluarkan imbauan untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Semetara itu Islam mengajarkan bahwa ikhtiar dengan mewaspadai hujan dan angin kencang sebaiknya dibarengi dengan doa.

"Apabila hujan yang datang diiringi dengan angin yang sangat kencang, maka disunahkan untuk membaca doa," ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Aisyah Radhiallahu ‘anha berkata: Nabi ketika datang angin meniup maka ia membaca:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَاأُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada Engkau akan kebaikannya (angin) dan kebaikan sesuatu yang ada di dalamnya dan kebaikan sesuatu yang diutus dengannya dan aku mohon perlindungan kepada Engkau dari kejahatannya dan dari kejahatan sesuatu di dalamnya dan kejahatan sesuatu yang diutus dengannya" (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian, ketika badai semakin kencang Nabi Muhammad SAW pun membaca doa berikut ini:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan" (HR. Imam Bukhori)

Kedua hadist yang sekaligus doa di atas menjelaskan, bahwa manusia meminta kehadiran hujan untuk kemaslahatan hidup bagi seluruh makhluk yang ada di bumi bukan menghancurkannya misal, datangnya badai yang membuat sebagian rumah dan apapun di sekitarnya menjadi hancur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini