nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dalil Menyisihkan Harta dalam Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 13:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 10 330 2151436 dalil-menyisihkan-harta-dalam-islam-UWLjvEmLES.jpg Ilustrasi. Foto: Saga

SALAH satu amalan yang sangat ditekankan dalam Islam adalah menyisihkan harta seperti bersedekah. Ketua Komunitas Dai Daiah Indonesia Ustadz Mahfud Said mengatakan, ada banyak dalil yang menjelaskan tentang ibadah tersebut. "Banyak dalilnya," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (10/1/2020).

Di dalam Surah Al-Hajj ayat 34-35 tertulis secara jelas tentang perintah langsung dari Allah kepada manusia untuk menyisihkan harta;

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ (34) الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَالصَّابِرِينَ عَلَى مَا أَصَابَهُمْ وَالْمُقِيمِي الصَّلاةِ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (35)

Foto: Ilustrasi

Artinya: "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah, gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan salat, dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka."

Selain itu keutaman bersedekah juga tertuang dalam Surah Al Baqarah ayat 3 yang berbunyi:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Allażīna yu`minụna bil-gaibi wa yuqīmụnaṣ-ṣalāta wa mimmā razaqnāhum yunfiqụn

Artinya: "(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka".

Sementara itu Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Fuad Nasar menuturkan, memberikan sedekah tidak pernah ada batas minimal dan maksimalnya, serta bisa diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki.

"Bersedekah boleh untuk kerabat dekat, selain untuk menolong orang miskin dan buat kesejahteraan umum," terang Fuad kepada Okezone.

Lebih lanjut kata Fuad, dengan mengamalkan sedekah akan turut membangun kesadaran umat tentang kesalehan sosial, dan spiritual yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Selain itu Kementerian Agama pun mendukung dan mengapresiasi kanal-kanal layanan zakat, infak dan sedekah yang dikembangkan oleh berbagai organisasi pengelola zakat di Tanah Air.

"Pada prinsipnya beri kemudahan bagi masyarakat untuk berzakat, berinfak dan bersedekah, dan pastikan bahwa dana umat yang dihimpun itu dikelola dengan amanah dan disalurkan tepat sasaran untuk mengatasi kemiskinan," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini