nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Sejarah Singkat Masjid Muhammad Cheng Ho di Batam

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 14:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 21 614 2156086 begini-sejarah-singkat-masjid-muhammad-cheng-ho-di-batam-3PLfFUsUpN.jpg Masjid Muhammad Cheng Ho Batam. Foto: Rieke/Kemenag

DALAM kunjungan kerjanya ke kota Batam, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyempatkan diri untuk singgah dan salat Dzuhur di Masjid Muhammad Cheng Ho, Selasa (21/1/2020).

Dilansir dari laman resmi Kemenag, Masjid Muhammad Cheng Ho merupakan masjid megah yang terletak di kawasan Golden City, Bengkong, Kota Batam. Masjid yang dibangun tanpa kubah itu dihiasi berbagai ornamen yang berpadu dengan rangkaian huruf-huruf Arab.

Keberadaan masjid tersebut membuktikan kulturasi antara budaya China, Islam, dan Indonesia terjalin begitu erat di kota Batam.

Untuk diketahui, masjid bernuansa Tionghoa tersebut dibangun sebagai upaya mengenang sejarah perjalanan seorang Laksamana Tiongkok dan anak buahnya ke Indonesia dalam membawa ajaran Islam.

Mesjid Cheng Ho diresmikan oleh Menko Bidang Kemaritiman Dwisuryo Indroyono Soesilo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada 21 Februari 2015.

Berdasarkan keterangan yang terpajang di dinding sebelah kanan masjid, Cheng Ho adalah seorang laksamana laut yang datang dari Tiongkok.

Ia diketahui memimpin ekspedisi pelayaran dengan membawa lebih kurang 27.000 anak buah ke Indonesia. Kedatangan Laksamana Cheng Ho disambut baik oleh raja dan warga setempat waktu itu.

Lebih lanjut ia merupakan seorang Muslim tulen, dan anak dari Haji Ma Ha Zhu serta ibunya berasal dari marga Oen (Wen) Tiongkok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini