nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Masjid Terpopuler di China, Nomor 3 Tempatnya Muslim Uigur

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 13:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 05 615 2163697 3-masjid-terpopuler-di-china-nomor-3-tempatnya-muslim-uigur-AbutYXirXi.jpg Masjid di China (Foto: Visit Our China)

Masjid di China sudah ada pada masa Dinasti Tang (618-907), yakni tepatnya ketika Islam diperkenalkan ke Negeri Tirai Bambu itu oleh para pedagang Arab.

Dilansir dari laman China Highlight, Rabu (5/2/2020), masjid pertama yang dibangun oleh para pedagang Arab yang di sekitar kawasan Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Quanzho. Keempat masjid ini merupakan yang tertua di China, tepatnya dibangun sebelum Dinasti Ming (1368–1644) mengikuti gaya arsitektur Arab.

Saat Islam semakin berkembang di China, maka masjid juga semakin banyak. Nah berikut ini adalah lima masjid paling populer di Negeri Panda itu.

1. Masjid Niujie, Beijing

 masjid

Masjid Niujie adalah salah satu masjid tertua di Beijing. Kali pertama dibangun pada masa Dinasti Liao (907-1125), kemudian dibangun kembali dan diperluas hingga tiga kali lipat.

Masjid Niujie mencerminkan campuran desain arsitektur China dan Islam, yaitu arsitektur luar menunjukkan pengaruh China. Sementara bagian dalam menyajikan perpaduan dua budaya yakni Islam dan China. Saat ini banyak orang dari negara-negara muslim mengunjunginya sebagai tujuan destinasi wisata religi.

2. Kowloon Islamic Center, Hong Kong

 masjid

Masjid dan Islamic Centre Kowloon merupakan bangunan persegi besar yang indah dengan atap merah muda dan kubah di atasnya.

Bangunan masjid di Hong Kong ini jadi yang terbesar, dan terletak di Tsim Sha Tsui, di mana ada banyak orang dari negara-negara muslim yang berkunjung. Bangunan itu dirancang oleh arsitek I.M. Kadri, kapasitas di dalamnya dapat menampung sekitar 3000 orang.

3. Masjid Idgar, Xinjiang

 masjid

Berlokasi di Kashgar, Daerah Otonomi Xinjiang Uighur, kompleks bangunan masjid ini bernuansa Islam yang agung, ditambah dengan fitur keagamaan yang kuat. Terdiri dari menara, gerbang, halaman, aula yang digunakan sebagai tempat belajar dan ruangan yang besar untuk salat berjamaah.

Dalam dialek lokal 'Idgar' berarti tempat suci selama festival. Selama bertahun-tahun Masjid Idgar telah menjadi tempat keagamaan yang sakral serta tempat untuk merayakan festival penting.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini