Ini Doa dan Tips Mengatasi Sifat Malas

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 616 2169246 ini-doa-dan-tips-mengatasi-sifat-malas-nUtnseKnoR.jpg Ilustrasi. Foto: Freepik

SALAH satu sifat buruk yang dimiliki setiap manusia adalah malas. Jika sifat seperti ini tak dilawan, tentu akan berimbas pada hasil kerja misalnya.

Lalu bagaimana cara melawan malas? Dikutip dari laman Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) pada Minggu (16/2/2020), salah satu cara melawannya adalah dengan cara memanjatkan doa agar dijauhkan dari rasa atau sifat malas. Contoh doanya yakni hadis berikut:

Rasulullah bersabda “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.” (HR. Bukhari).

Sumber kemalasan bisa jadi dorongan hawa nafsu yang diperkuat dengan bisikan setan. Itu sebabnya setiap insian perlu memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Cara berikutnya yaitu mencari penyebab rasa malas. Jika malas itu adalah akibat, maka mesti dicari apa yang membuat malas. Sesorang akan bisa mengatasi kemalasannya kalau ia tahu penyebabnya.

Misalnya malas karena tidak percaya diri, malas karena merasa pesimis, malas karena merasa enggak ada gunanya dikerjakan, malas karena enggak yakin akan hasilnya, dan lain sebagainya. Jika penyebabnya di atas, rasa malas otomatis hilang.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini