Baca Doa Ini ketika Hujan agar Penuh Berkah dan Jauh dari Bencana

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 17 618 2169534 baca-doa-ini-ketika-hujan-agar-penuh-berkah-dan-jauh-dari-bencana-IACrVh3gPl.jpg Hujan turun (Foto: Shutterstock)

Hujan merupakan salah satu anugerah yang diturunkan Allah SWT. Saat ini umat Islam dianjurkan memperbanyak doa saat hujab turun sebab hujan merupakan waktu mustajab atau dikabulkannya permohonan.

Ketika hujan datang doa yang selalu dipanjatkan sebagai berikut, diriwayatkan dalam Shahih al-Bukhâri, saat melihat hujan, Rasulullah SAW mengucapkan,

اللَّهُمَّ صَيِّباً نافِعاً

Artinya: "Ya Allah jadikan hujan ini penuh kebermanfaatan,".

 berdoa

Di sisi lain menurut dai kondang dan penghafal Alquran, Ustadz Azhari Nasution, terdapat doa lainnya ketika hujan tiba dan berharap tidak ada musibah yang datang.

"Ini doa jika khawatir hujan yang turun menyebabkan banjir," katanya saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Doa supaya tidak banjir saat hujan datang sebagai berikut,

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon."

Selain itu, ketika hujan tiba umat Islam juga diingatkan untuk selalu beristighfar. Mengingat kepada Allah yang Maha Kuasa karena telah menciptakan hujan sebagai berkah untuk seluruh makhluk hidup di bumi ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini