nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Netanyahu Ingin Buka Jalur Haji Israel-Arab Saudi Langsung

Suherni, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 14:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 19 615 2170842 netanyahu-ingin-buka-jalur-haji-israel-arab-saudi-langsung-j4JQYd1o3T.jpg Netanyahu ingin membuka jalur haji (Foto; Al Araby)

Seorang pejabat Partai Likud Israel mengatakan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sedang mempertimbangkan kemungkinan memfasilitasi perjalanan haji umat Islam Israel dari Tel Aviv langsung ke Arab Saudi.

Miki Zuhar, anggota parlemen dari Partai Likud di Parlemen Israel Knesset mengatakan, perjalanan haji secara langsung ini merupakan kemajuan bagi muslim di Israel. Selama ini Netanyahu berupaya mengembangkan kontak yang lebih dekat dan hangat dengan Arab Saudi.

Makkah

Dilansir dari Alaraby, Zuhar mengatakan, ia telah meminta Netanyahu untuk mengambil keuntungan dari Arab Saudi dengan memungkinkan para jamaah haji Israel pergi ke Arab Saudi secara langsung dan lebih murah.

Perlu diketahui sekitar 30.000 jamaah haji dari Israel setiap tahun harus pergi ke Yordania dulu, sebelumnya akhirnya diijinkan untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji.

Sebab seperti kebanyakan negara Arab, Arab Saudi selama ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Makanya jamaah Israel harus ke Yordania terlebih dulu.

Namun Kerajaan Arab Saudi akhir-akhir ini telah membuat sejumlah langkah baru yang mengisyaratkan hubungan yang lebih hangat dengan negara Yahudi Israel tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini