nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Menjaga Lisan, Begini Bahayanya Menurut Padangan Islam

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 10:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 20 330 2171310 tak-menjaga-lisan-begini-bahayanya-menurut-padangan-islam-9ygdDvC3qy.jpg Ilustrasi. Foto: Ideadigezt

Mulutmu harimaumu, begitulah ungkapan untuk menggambarkan betapa bahayanya tidak menjaga lisan. Mengenai hal ini, Islam sebenarnya sudah sejak awal mewajibkan setiap hamba Allah untuk menjaga lisan.

Dalam Islam, lisan diciptakan untuk kebaikan, karena itu lisan perlu dijaga agar tidak menimbulkan bahaya.

Dikutip dari laman Tebuireng pada Kamis (20/2/2020), jebolan Pondok Pesantren Putri Walisongo Jombang, Silmi Adawiyah menyampaikan bahaya orang yang tidak bisa menjaga lisan dalam kitab Bahjatul Majalis wa Ansul Majalis:

إذا المرأ لم يخزن عليه لسانه # فليس على شيئ سواه بخزان

“Orang yang tidak bisa menjaga lisannya dengan baik, pasti tak bisa juga menjaga apapun selain lisannya.”

Syair di atas dibingkai indah oleh Ibn Abdil Barr dalam kitabnya. Suatu kalam hikmah yang mengingatkan akan pentingnya menjaga lisan secara baik. Jika tidak, maka hal-hal lainnya akan menjadi tidak baik pula.

“Lisanmu cerminan kepribadianmu, begitulah orang-orang banyak mengungkapkan. Benar memang, sebab itu, jika seseorang tidak bisa menggunakan lisannya dengan baik, maka bahaya yang tak diinginkan akan segera datang,” tutur Silmi.

Contoh, jika sekali melakukan kebohongan, maka anggota tubuh lainnya mengikuti kebohongan tersebut. Di sinilah terbukti mengapa sosok yang tidak bisa menjaga lisan, juga tidak bisa menjaga apapun selain lisannya.

Rasulullah berpesan agar umat Islam senantiasa menjaga lisan, sebab keselamatan manusia tergantung pada lisannya. Pada prinsipnya lisan membawa manfaat sekaligus mudarat yang mengikutinya. Hal ini bergantung pada cara manusia menggunakan lisan. Meskipun terkadang tidak menghiraukan hal yang ditimbulkan dari apa yang dikeluarkan dari lisan tersebut.

Rasulullah mengingatkan dalam hadisnya:

سلامة الإنسان في حفظ اللسان

“Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.” (H.R. Al-Bukhori).

Dalam kitab Jaami’ul ‘Ulum Wal Hikam disebutkan satu nasihat dari Ibnu Mas’ud RA yang diawali dengan sumpah: “Dengan nama Allah yang tiada Ilah selainNya, tidak ada sesuatu di atas muka bumi ini yang lebih butuh untuk dipenjarakan dalam waktu yang lama daripada lisan.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini