nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Haji Backpacker, Lelaki Ini Jalan Kaki dari Paris ke Makkah

Nada Husna, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 09:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 25 615 2173644 haji-backpacker-lelaki-ini-jalan-kaki-dari-paris-ke-makkah-ZMqBqHkfBf.JPG Farid Feyadi Haji Backpacker dengan Jalan Kaki ke Makkah

Musim haji masih berbulan-bulan lagi, tapi Farid Feyadi, seorang Muslim asal Inggris, sudah memulai perjalanannya ke tanah suci. Dia memilih haji backpacker dengan cara berjalan kaki dari Paris menuju Makkah.

Farid Feyadi memilih haji backpacker dengan berjalan kaki ribuan kilometer sebagai sebuah perjalanan yang tak terlupakan untuk menginspirasi generasi muda dan membuktikan kepada dunia bahwa Islam adalah agama yang damai.

"Sebagai seorang Muslim, saya percaya kita masing-masing merupakan duta besar agama ini, kita memiliki tanggung jawab besar di pundak untuk mewakili Islam dan Muslim dengan cara terbaik bagi dunia. Saya mencoba melakukan sesuatu dalam damai dan memperlihatkan Islam merupakan gelombang perdamaian dan datang dari Salaam," kata Farid Feyadi, sebagaimana dilansir dari About Islam, Selasa (25/02/2020).

Haji backpacker ke Makkah

Pada 03 November 2019 dia memulai perjalanannya yang diberi nama "Walk for Peace" dan awalnya dia sempat berpikir untuk melakukan perjalanan dengan sepeda. Kemudian, dia berubah pikiran dan memutuskan untuk berjalan kaki. Dia juga sangat bersemangat karena sebelumnya tidak pernah melakukan perjalanan seperti ini.

Farid Feyadi berencana untuk tiba di kota suci Makkah, tempat jutaan umat Muslim melakukan perjalanan setiap tahun, pada bulan Juli 2020, yaitu saat musim panas yang menyengat menguasai wilayah tersebut.

"Saya sudah berjalan sejauh 4.000 kilometer ke Istanbul. Saya berusaha keras untuk tiba di Istanbul, " katanya, seraya menambahkan bahwa dia harus menempuh jarak sekira 2.700 kilometer lagi.

Bertahan dari semua ini, Feyadi yang memilih haji backpacker berharap dapat menginspirasi pasien kanker di seluruh dunia.“Saya seorang yang selamat dari kanker ginjal, saya hidup dengan satu ginjal. Saya melakukan proyek ini dan saya berjalan antara 60 km setiap hari. Semua berkah ini berasal dari Allah. Jika dia tidak membantu, saya tidak akan sampai di sini. Saya pernah berada di hujan lebat, salju, dan air dingin," katanya.

Dapat Menginspirasi Orang Lain

Farid Feyadi berharap menjadi seseorang yang dapat menginspirasi bagi generasi muda dan menyampaikan pesan kepada dunia, dengan melakukan haji backpacker.

“Prestasi saya adalah menyampaikan pesan bahwa Islam itu damai, Muslim adalah orang-orang yang damai. Saya ingin menyampaikan pesan kepada dunia dan juga kepada umat Islam: Setiap kali Anda menerima keberatan dari dunia, miliki niat murni, hati yang murni. Bukalah hatimu untuk dunia dengan kedamaian dan cinta, ” katanya.

Dia bahkan ingin melakukan lebih banyak perjalanan di masa depan, kali ini dengan sesama pelancong. Farid Feyadi juga bercerita bahwa ia mempunyai dua teman Muslim yang berlatar belakang dari keluarga Spanyol dan Tionghoa, tetapi tinggal di Paris, Prancis.

Mereka berencana melakukan perjalanan dari Paris ke Makkah dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. "Ide saya adalah, saya ingin membuat kelompok sekitar 20 orang dari setiap latar belakang, negara atau etnis, sebagai umat kecil," ujarnya.

Perjalanan Serupa

Tak hanya Farid Feyadi yang telah menempuh perjalanan dari jauh ke Makkah dengan berjalan kaki, ada juga beberapa orang yang pernah melakukan hal serupa. Bulan lalu, empat pengendara sepeda asal Kenya dan dua anggota pendukung memulai perjalanan panjang dari Nairobi ke Makkah untuk melakukan ibadah haji dan mengumpulkan dana untuk anak-anak yang membutuhkan di Kenya.

Kemudian pada tahun 2018, lima Muslim asal Indonesia melakukan perjalanan bersepeda 13.000 km ke Makkah untuk melakukan ibadah haji. Pada 2017, seorang Muslim Indonesia lainnya berjalan lebih dari 9.000 kilometer untuk melakukan ibadah haji.

Pada 2012, Muslim Bosnia berusia 47 tahun, Senad Hadzic, mencapai kota suci Makkah dengan haji backpacker berjalan kaki untuk melakukan ibadah haji. Selama perjalanannya, pria itu berjalan sejauh hampir 5.900 km dari desanya di Bosnia ke kota suci Makkah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini