nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masjid-Majid Cantik di Sri Lanka, Pertama Berusia Setengah Abad

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 11:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 25 615 2173721 masjid-majid-cantik-di-sri-lanka-pertama-berusia-setengah-abad-cqdc7mzsDa.jpg Masjid jami Ul Alfar di Sri Lanka (Foto: Travel Triangle)

MESKI mayoritas penduduk Sri Lanka beragama Budha, tapi nuansa Islam masih terasa di sini. Sebab di negara tersebut terdapat sejumlah masjid yang merupakan rumah ibadah Muslim.

Jadi, muslim traveler tak perlu khawatir untuk menjadikan Sri Lanka sebagai next destination trip. Karena muslim traveler dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk di masjid-masjid cantik berikut ini sebagaimana dilansir dari Travel Triangle.

1.Grand Mosque of Colombo Sri Lanka

Grand Mosque of Colombo Sri Lanka sudah ada sejak 500 tahun lalu atau sudah setengah abad, tepatnya pada masa Portugis di Sri Lanka. Masjid ini dibangun setelah Kota Kolombo dibakar oleh Raja Bhuvanaikabahu dari Kotte, kemudian renovasi menjadi bangunan dua lantai dan merupakan yang pertama dari jenisnya di Kolombo.

1

Masjid ini diyakini sebagai masjid tertua di Sri Lanka yang ditandai oleh batu nisan tua yang berasal dari tahun 948 Masehi. Batu nisan tersebut terdapat di sebelah masjid. Ketika mengunjungi Grand Mosque of Colombo, Anda akan melihat betapa arsitekturnya memancarkan aura kemegahan.

2.Masjid Dawatagaha Jumma

Merupakan salah satu masjid paling terkenal di Kolombo, dan jamaahnya membeludak kala pelaksaan salat Jumat. Menara berwarna putih sehingga terlihat mengagumkan. Dawatagaha juga merupakan masjid bersejarah karena sudah ada sejak 200 tahun lalu.

1

Nuansa berbeda ditawarkan oleh Masjid Dawatagaha Jumma karena ratusan merpati bertebaran di halamannya. Ini tentu pemandangan yang tak biasa di pelataran rumah Allah.

3.Jami Ul-alfar Mosque

1

Hal pertama yang akan membuat orang terpana melihat Jami Ul-alfar Mosque adalah bagian luarnya yang dirancang bergaris merah putih sehingga terlihat seperti permen. Dirancang dan dibangun oleh Habibu Labbe Saibu Labbe, Masjid Jami Ul-Alfar berdiri tegak sebagai saksi permata budaya Sri Lanka, dan sebagai perpaduan sempurna dari empat gaya arsitektur, yaitu bergaya India, Gothic, Neo-klasik, dan Indo- Arsitektur Islami.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini