Catat, Ini 5 Manfaat Salat Istikharah

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 614 2176694 catat-ini-5-manfaat-salat-istikharah-Za3i4i9R10.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

ACAP kali adalam hidup ini seorang Muslim dihadapkan pada pilihan yang membingungkan. Kondisi seperti itu sering menimbulkan rasa khawatir akan terjadi sesuatu yang hasilnya di luar harapan.

Sementara dalam Islam, jika terpaksa memilih di antara beberapa pilihan, dianjurkan Salat Istikharah dan berdoa. Istikharah sendiri memiliki sejumlah manfaat bagi setiap yang mengamalkannya.

Dikutip dari laman Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) pada Senin (2/3/2020), berikut manfaat istikharah:

Pertama, Mengikuti Sunnah Nabi.

Menjalankan Salat istikharah berarti menjalankan sunah Nabi Muhammad SAW. Nabi mengajarkan para sahabat melakukan istikharah dalam segala urusan.

Kedua, InsyaAllah Dikaruniai Allah

Istikharah adalah upaya memohon kepada Allah melalui salat dan doa khusus. Dengan meminta petunjuk Allah lewat Salat Istikharah, InsyaAllah dikaruniai kebaikan dan dipilihkan yang terbaik.

Ketiga, Lapang Dada

Setiap insan yang Salat Istikharah InsyaAllah akan memperoleh kelapangan dada karena telah menyerahkan semua urusan kepada Allah. Allah lah yang sejatinya mengetahui mana yang terbaik di masa kini dan masa mendatang. Hal ini sejalan dengan Firman Allah, “....boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia tidak baik untukmu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui. (Al Baqarah 216).

Keempat, Terhindar dari Keburukan

Tidak ada yang mengetahui baik dan buruknya sesuatu di masa depan. Dengan Salat Istikharah Insya Allah akan terhindar dari keburukan sebagaimana tertuang dalam doa istikharah, “Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akibat dari urusan ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.” (HR. Bukhari).

Keenam, Terhindari dari Perasaan Menyesal

Dengan melakukan istikharah InsyaAllah diri tidak akan menyesal meski hasilnya tidak sesuai harapan, sebab diri sudah menyerahkan semua urusan kepada Allah SWT. Dialah yang memiliki kuasa atas segala sesuatu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini